Dark/Light Mode

Polda Metro Jaya-Relawan SiapBergerak Salurkan 11 Ton Daging Rendang Ke Warga DKI

Minggu, 10 Juli 2022 22:21 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dalam kegiatan menggelar kegiatan Qurban Baraqah 2022, di Polda Metro Jaya, Minggu (10/7). (Foto: Istimewa)
Menparekraf Sandiaga Uno (kanan) bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, dalam kegiatan menggelar kegiatan Qurban Baraqah 2022, di Polda Metro Jaya, Minggu (10/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, beserta jajaran Pejabat Utama (PJU) Polda Metro Jaya, menggelar kegiatan Qurban Baraqah 2022, di Polda Metro Jaya, Minggu (10/7). Agenda tahunan ini berupa penyaluran daging olahan rendang yang ditujukan untuk warga DKI Jakarta.

Kegiatan diawali dengan kegiatan pemotongan sapi serta aksi memasak rendang oleh Sandi, Fadil, dan PJU bersama-sama pelaku UMKM masakan Padang. Dalam penyaluran, Polda Metro Jaya menggandeng Relawan SiapBergerak.

“Kami merasa bersyukur, tahun 2022 ini, Kapolda Metro Jaya mengikutsertakan Relawan SiapBergerak, sebagai tim yang akan bersama-sama anggota Kepolisian membagikan 11 ton daging olahan rendang kepada warga DKI Jakarta, selama 3 hari pada 11-13 Juli 2022,” ujar Ketua Program Relawan SiapBergerak Devie Rahmawati.

Baca juga : Keterlibatan Perempuan Tinggi, Genteng Kulon Raih Juara 1 IDM

SiapBergerak merupakan platform digital, yang lahir saat pandemi, sejak mengelola lebih dari 60 ribu relawan dalam 5 serial program Vaksinasi Merdeka sepanjang 2021. Hal ini menunjukkan, semangat kerelawanan warga DKI Jakarta terbukti sangat kuat.

“Semenjak Vaksinasi Merdeka, dari kebutuhan jumlah relawan, calon relawan yang mendaftarkan diri selalu berjumlah 2-3 kali lipat melebihi kebutuhan. Untuk pelaksanaan Qurban Baraqah kali ini kami membutuhkan 100 relawan, namun pendaftar mencapai lebih dari 500 lebih calon relawan. Di masa lalu, kebutuhan 4.500 relawan, jumlah pendaftar mencapai 20 ribu dalam waktu 3 hari,” terang Devie.

Ketua Seksi Relawan Posko Qurban Baraqah 2022 Kompol Supriyanto menerangkan, Polda Metro Jaya meneruskan tradisi yang dimulai 2021, untuk membagikan daging olahan rendang kepada warga yang tidak mampu di wilayah DKI Jakarta.

Baca juga : IWAPI: Aturan Cuti 6 Bulan Bagai Pedang Bermata Dua

“Kami bermaksud memastikan di hari yang mulia ini, seluruh warga dapat merasakan kebahagiaan yang sama. Kami juga menyasar warga yang berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas, juga keluarga napi misalnya. Pembagian ini dilakukan di 13 Polres wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Dia menerangkan, sejarah hadirnya program Kurban Baraqah berawal dari ikhtiar Kapolda membantu UMKM masakan Padang yang terimbas pandemi, dengan memberikan pesanan memasak daging kurban untuk warga DKI. Tahun ini, Polda Metro Jaya melibatkan 18 UMKM masakan Padang di seluruh DKI untuk bersama-sama mengolah rendang.

“Ini bagian dari program besar Polda Metro Jaya, seperti Kampung Tangguh Jaya, yang memang dihadirkan untuk memberdayakan warga hingga mereka tangguh melewati pandemi seperti pembagian bibit, pelatihan UMKM, pendampingan usaha dan sebagainya,” imbuh Supriyanto.

Baca juga : Jokowi: Saya Tak Bisa Bayangkan, Betapa Berat Perasaan Dan Beban Kang Emil, Juga Istri

Penasihat Program SiapBergerak Vandika Anwari menambahkan, SiapBergerak hadir untuk memastikan penyelenggaraan kegiatan kemanusiaan dapat berjalan efisien dari segi biaya dengan pertanggungjawaban yang transparan. Pengalaman di Vaksinasi Merdeka, terbukti penyelenggaraan vaksinasi dengan biaya per orang (cost per shoot) Rp 1.000-Rp 10.000, dibandingkan dengan penyelenggaraan lain yang biayanya dapat mencapai Rp 100.000- Rp 170.000.

“Hal ini dapat terwujud karena kami menggunakan teknologi digital yang didukung negara yaitu PT Telkom Indonesia. Sehingga seluruh proses dari mulai perekrutan, pelaksanaan kegiatan, pelaporan hingga pembayaran insentif, dapat terpantau secara real time, kapan pun dan dimanapun, cashless dan dapat diaudit secara terbuka. Ini upaya kami mendukung program Police 4.0 Polda Metro Jaya,” tutupnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.