Dark/Light Mode

Melihat Tempat Penimbunan Sembako Di Depok

Ditutupin Terpal, Bau Telor Busuk

Senin, 1 Agustus 2022 07:34 WIB
Beras bansos yang dikubur di Depok, Jawa Barat. (Foto: Bambang/RM)
Beras bansos yang dikubur di Depok, Jawa Barat. (Foto: Bambang/RM)

 Sebelumnya 
Bagaimana tempat penguburan itu bisa ditemukan? Rudi Samin, warga setempat yang mengklaim pemilik lahan tersebut, menceritakan, penemuan sembako ini bermula pada pertengahan Juli lalu. Saat itu, salah satu mantan karyawan JNE melaporkan soal penguburan sembako di sekitar lokasi. Dulunya, lahan ini jadi tempat parkir mobil-mobil kontainer milik JNE.

Dari laporan itu, Rudi Samin menelusuri keberadaan sembako yang dikubur. Pada 25 Juli, ia kemudian meminta beberapa warga menggali di sekitar lokasi dengan alat seadanya. Namun, hasilnya nihil. Hari berikutnya, penggalian dilanjutkan. Hasilnya masih sama.

Baca juga : Home Credit Dapat Pendanaan Rp 156 M Dari Deutsche Bank

Rudi tak menyerah. Dia lalu menyewa alat berat untuk mengeruk tanah di lokasi. Pencarian hari ketiga itu baru membuahkan hasil. Tumpukan karung beras terlihat pada kedalaman tiga meter. "Benar saja ternyata ada beras yang ditimbun. Berasnya sudah busuk," kata Rudi, kepada Rakyat Merdeka, di lokasi.

Rudi belum mengetahui berapa banyak sembako yang ditemukan olehnya itu. Informasi yang diterimanya satu kontainer, tapi belum tahu berapa banyak. Atas kejadian itu, ia lalu melaporkan penemuan itu kepada polisi. Sore itu pula polisi datang dan memasang garis polisi di TKP. "Tiga kantong beras yang masih tersegel rapi dibawa sebagai barang bukti," ujarnya.

Baca juga : BUMDesa Mampu Wujudkan Pertumbuhan Ekonomi Desa Yang Berkeadilan

Setelah heboh berita ini, pihak JNE angkat bicara. Head of Media Relation Department JNE Kurnia Nugraha mengatakan, penimbunan karung-karung bansos itu tidak menyalahi aturan. Sebab, beras itu rusak. Penimbunan telah sesuai prosedur penanganan barang rusak sesuai perjanjian kedua belah pihak.

Kurnia mengatakan, sebagai perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa kurir ekspres dan logistik sejak 1990, JNE terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pelanggan, masyarakat, serta Pemerintah. Selain itu, JNE selalu mengikuti peraturan yang berlaku dan menjalankan standar operasional prosedur dengan sebaik mungkin.

Baca juga : Media Berperan Penting Ciptakan Perdamaian Di Tengah Konflik

"JNE selalu berkomitmen untuk mengikuti segala prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku apabila diperlukan," kata Kurnia, dalam keterangan tertulis, kemarin.

Bagaimana tanggapan polisi? Kapolsek Sukmajaya Kompol Meitha Mubarak membenarkan penemuan itu. Kata dia, kasus tersebut kini ditangani Polres Depok.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.