Dark/Light Mode

Di Depan Pengurus IDI Jakarta

Wagub Ngarep Pelayanan Kesehatan Tambah Fokus Sama Kebutuhan Warga

Minggu, 28 Agustus 2022 18:12 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan sambutan saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi DKI Jakarta Periode 2022-2025 di Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan sambutan saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi DKI Jakarta Periode 2022-2025 di Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (28/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap, pelayanan kesehatan semakin difokuskan pada kebutuhan masyarakat. Harapan tersebut diucapkan Riza saat menghadiri acara Pelantikan Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi DKI Jakarta Periode 2022-2025 di Westin Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (28/8). 

Riza bilang, fokus pelayanan IDI diharapkan semakin berubah dari kuratif dan rehabilitatif menjadi promotif dan preventif. Khususnya di Jakarta, selama ini IDI dinilai telah banyak membantu Pemerintah. Salah satunya dalam penanganan Covid-19. 

Baca juga : Menkes BGS Minta Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gunakan Alkes Dalam Negeri

Selain itu, kata Riza, kode etik kedokteran juga penting untuk diperhatikan. Etik bukan soal benar dan salah, tetapi apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Dia pun berharap para pengurus yang baru dilantik dapat melaksanakan tugas dengan amanah.

"Harapan saya, Pengurus IDI Wilayah DKI Jakarta Periode 2022-2025 dapat selalu bersinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, instansi terkait, dan masyarakat dalam rangka mewujudkan layanan kesehatan masyarakat yang terintegrasi, aman, berkualitas dan efisien," ujarnya.

Baca juga : Hindari Pelanggaran, Berantas Kejahatan, Raih Lagi Kepercayaan Publik!

Ketua IDI Wilayah DKI Jakarta Aldrin Neilwan Panca Putra mengatakan, zaman terus berubah. Hal itu berdampak pada pergeseran nilai-nilai dan kebutuhan. IDI diharapkan dapat mengantisipasi berbagai tuntutan.

Ada tiga hal mendasar yang menurutnya harus dilakukan IDI. Yakni, memiliki kemampuan melihat dan menganalisis situasi global, regional dan nasional; menentukan apa yang akan dicapai, bagaimana mencapainya, dan langkah strategis apa saja yang akan dilakukan; dan keluar dari zona nyaman yang sesungguhnya tidak produktif. "Sudah saatnya kita melakukan transformasi di segala bidang," tegasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.