Dark/Light Mode

Tiap Desa Di Kabupaten Bogor Bakal Disiram Duit 1 M

Kamis, 8 September 2022 22:35 WIB
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Foto: Istimewa)
Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan, berjanji bersama-sama dengan DPRD segera merealisasikan pencairan secara penuh program dana Satu Miliar Satu Desa atau Samisade, setelah proses revisi Peraturan Bupati (Perbup) soal bantuan keuangan desa disetujui Kemendagri.

Iwan menyampaikan, saat ini hasil revisi Perbup Samisade telah dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Gubernur Jawa Barat. Perbup Nomor 69 tahun 2022 tersebut juga telah ditandatanganinya pada Selasa, 6 September 2022.

"Alhamdulillah dengan komunikasi yang bagus dengan Mendagri dan Gubernur Jabar, revisinya bisa keluar. Dan Selasa kemarin alhamdulillah sudah saya tanda tangani," ujar di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/9).

Baca juga : Ribuan Warga Desa Kabupaten Cianjur Deklarasi Ganjar Presiden 2024

Iwan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor memang menggelar rapat maraton untuk membahas program Samisade sejak Senin (5/9). Rapat tersebut dilakukan agar program yang dicetuskan oleh Bupati nonaktif, Ade Yasin, itu bisa dicairkan dengan segera.

"Alhamdulillah SKPD bergerak cepat, karena waktu tinggal empat bulan. Semua bergerak simultan," jelasnya.

Menurut dia, Pemkab Bogor segera mencairkan dana bantuan keuangan desa dengan total Rp 395 miliar tersebut. Iwan juga mengapresiasi DPRD Kabupaten Bogor yang terus mendorong agar program tersebut bisa direalisasikan segera mungkin.

Baca juga : Hanura Ikut Dukung Petahana

"Saya juga ditelpon Ketua DPRD Pak Rudy Susmanto untuk segera merealisasikan. Saya juga mengapresiasi wakil rakyat yang mendukung agar Samisade ini bisa terealisasi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto menegaskan pihaknya sejalan dengan visi misi Ade Yasin-Iwan Setiawan, termasuk menyukseskan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) hingga 2023.

Salah satu program prioritas yang mendapat atensi khusus adalah Samisade. Tiap tahun, DPRD Kabupaten Bogor tak pernah absen menganggarkan bantuan keuangan infrastruktur desa tersebut.

Baca juga : Sabrina Chairunnisa, Diancam Bakal Dicerai Deddy Kalau Gendut

"Di tahun anggaran 2022, kami menganggarkan penuh Samisade untuk seluruh desa se-Kabupaten Bogor yang mengajukan. Walaupun saat itu kita sahkan di akhir Desember 2021, di mana hingga awal 2022 masih ada desa yang belum selesai melaporkan LPJ tapi kami tetap menganggarkan," jelasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.