Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pecah, Warga Desa Kabupaten Jember Gayeng Dukung Ganjar

Minggu, 17 Juli 2022 23:26 WIB
Relawan Ganjar Pranowo Jember, Jawa Timur, menyatakan siap memenangkan Ganjar di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)
Relawan Ganjar Pranowo Jember, Jawa Timur, menyatakan siap memenangkan Ganjar di Pilpres 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jember merupakan wilayah Tapal Kuda atau wilayah paling di timur di Provinsi Jawa Timur yang memiliki populasi menduduk paling banyak diantara wilaya Tapal Kuda Lainnya, yakni Probolinggo dan Banyuwangi.

Oleh sebab itu, mengapa Des Ganjar wilayah Tapal Kuda Jawa Timur diselenggarakan di Kabupaten Jember, tepatnya di Alun-Alun Jenggawah pada Sabtu (16/7). 

Kegiatan tersebut merupakan Des Ganjar terakhir yang diselenggarakan di wilayah Jawa Timur sebelum memasuki puncak Des Ganjar yang rencananya akan diselenggarakan di Ibukota Jawa Timur, yakni Surabaya.

“Kabupaten Jember merupakan wilayah Jawa Timur terakhir yang kita relawan selenggarakan, setelah sebelumnya sukses dilaksanakan di Madura dan Tuban. Rencananya kita akan selenggarakan puncak Des Ganjar secara besar-besar di Surabaya, tapi untuk waktu dan tempat masih menyusul," ujar Dewan Pembina Des Ganjar Wargiyati saat ditemui pada kegiatan Des Ganjar Kab. Jember, Jawa Timur, Sabtu (16/7).

Baca juga : Komunitas UMKM-Petani Deklarasi Dukung Ganjar

Wargiyati mengungkapkan, dirinya optimis bahwa Jawa Timur akan menyumbangkan perolehan paling banyak dan Jember merupakan pemilih mayoritas.

“Jawa Timur, khususnya Kabupaten. Jember bisa jadi basis populasi pemilihan terbanyak Pak Ganjar saat pemilu nanti. Animo Warganya cukup tinggi, kita targetkan yang datang kegiatan kali ini sebanyak 1,000 tapi yang datang saya hitung sampai 5,000 masyarakat. Ini membuktikan elektabilitas Pak Ganjar yang kuat di Jawa Timur," tambahnya.

Wargiyati menambahkan, kegiatan Des Ganjar akan terus dilakukan diseluruh Kabupaten di Indonesia dengan mengedepakan kearifan lokal setiap daerahnya.

“Wong yang mengadakan kegiatan ini Relawan daerah masing-masing, sehingga ciri khas kegiatannya pun masih disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Selain memberikan dukungan, masyarakatpun tetap terhibur,” tutupnya.

Baca juga : Giliran Warga Tuban Beri Dukungan Untuk Ganjar di Pilpres 2024

Ketua Relawan Des Ganjar Kabupaten Jember Agus Nugroho menyebutkan, dirinya siap menjadi relawan dan sudah berkonsolidasi dengan beberapa komunitas di wilayah Tapal Kuda untuk saling bersinergi dalam mensosialisasikan program kampanye nantinya.

“Kurang lebih selama 1 tahun kebelakang memang sudah ada pembicaraan dengan teman-teman di pusat terkait dukungan ini, saya berinisiatif untuk mengumpulkan komunitas dan tokoh masyarakat yang pada akhirnya mereka antusias mendengar dukungan Pak Ganjar,” kata Agus.

Ketika disinggung soal pengaruh UU Desa yang pernah dirancang oleh Ganjar Pranowo, Agus membeberkan bahwa kebijakan tersebut memiliki dampak positif bagi warga di wilayah Tapal Kuda.

“Saya sangat merasakan pengaruh yang besar akibat kebijakan tersebut. Pak Ganjar tulus betul dalam mensejahterakan masyarakat. Yang beliau lakukan begitu peduli dengan masyarakat, khususnya desa-desa pelosok,” tambah Agus. 

Baca juga : Pura-pura Kena Kanker Biar Nggak Dipenjara

Sebagai desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai pelaku UMKM dan Petani, Agus memahami betul karakteristik Ganjar Pranowo yang sangat peduli dengan masyarakat di pedesaan.

“Selama ini orang desa hanya dipandang sebelah mata, dijadikan objek oleh berbagai kepentingan. Tapi beliau merupakan sosok yang tulus dalam melayani masyarakat,” tambahnya.

Ketika ditanya bagaimana program sosialisasi seperti apa yang akan dibuat, Agus akan terus berkonsolidasi dan kerjasama dengan tokoh masyarakat di masing-masing wilayah terkait pencalonan Ganjar Pranowo sebagai Presiden RI.

“Setelah kegiatan Des Ganjar di sini, pastinya ada strategi komunikasi lanjutan yang akan dibawa kepada masyarakat. Upaya-upaya yang dilakukan salah satunya blusukan masuk ke wilayah pelosok desa melalui bantuan teman-teman dari Tokoh Masyarakat”, tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.