Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Kasatpres Heru Sudah Puluhan Tahun Kelola Jakarta

Sabtu, 8 Oktober 2022 14:44 WIB
Kasatpres Heru Budi Hartono
Kasatpres Heru Budi Hartono

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta menggantikan Anies Baswedan mulai 17 Oktober 2022.

Pengamat hukum dan kebijakan publik, Peri Farouk menyampaikan ucapan selamat datang kembali untuk Heru. Pasalnya, Jakarta titik pemberangkatan sebelum Heru melenggang ke kancah nasional sebagai Kasetpres.

"Kembalinya Pak Heru ke Jakarta adalah bukti bahwa kapasitasnya sudah teruji dalam penata kelolaaan daerah yang memiliki kekhususan ini. Selamat datang kembali di Jakarta," ujar Peri di Jakarta, Sabtu (8/10).

Baca juga : Pengamat: Koalisi Puan-Airlangga Tinggal Nunggu Waktu

Menurut Peri, Presiden Jokowi telah melakukan kajian dan analisis sehingga Heru dianggap mampu menghadapi spektrum yang cukup luas di Jakarta. Selama dua tahun ke depan, kata Peri, dirinya yakin bahwa Heru akan bekerja secara lurus serta tidak berpihak pada kepentingan kelompok atau individu tertentu. 

"Kami melihat adanya konsistensi dan integritas yang beliau miliki dalam menjalankan tugas sejak mulai berkarir di Jakarta sampai pada posisi strategisnya di Istana Presiden," katanya. 

Peri menilai, keputusan Presiden menunjuk Heru sangat tepat lantaran dia mempunyai pengalaman selama berdinas di DKI dan di Istana Negara. Sejak 1993 hingga saat ini menjabat Kasetpres, Heru dianggap telah banyak melakukan berbagai terobosan. 

Baca juga : AHY: Mudah-mudahan, Kita Makin Sebadan Dan Senyawa

"Pak Heru sudah teruji dengan berbagai dinamika di Jakarta. Banyak sekali terobosan yang dia lakukan mulai dari pengelolaan SDM, perencanaan pembangunan atau efektivitas birokrasi," ucapnya. 

Selama mengemban sejumlah jabatan strategis di Pemprov DKI Jakarta dan Istana Negara, Heru sukses melakukan berbagai terobosan dan inovasi. Di antaranya, akselerasi pembangunan, revitalisasi infrastruktur, pengembangan SDM, suksesi vaksin Covid-19 di seluruh daerah Indonesia hingga penyesuaian agenda kepresidenan. 

Berkat kinerjanya yang kinclong, Heru mengantongi sejumlah penghargaan. Seperti, Satyalencana Karya Satya X, Satyalencana Karya Satya XX, Satyalencana Suka Karya dan sejumlah penghargaan lainnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.