Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Airlangga Sosok Capres Yang Banyak Kerja, Tak Suka Pencitraan

Rabu, 7 September 2022 19:33 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai lembaga survei terus memperbarui hasil surveinya setiap dua atau tiga bulan. Meski begitu, banyak yang menyebut, parameter pemimpin Indonesia ke depan bukan hanya hasil survei. Melainkan, harus dilihat dari berbagai aspek.

Pakar Politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro mengatakan, calon presiden yang memiliki rekam jejak dan kompetensi. Itu adalah kriteria utama untuk Pemilu 2024.

"Saya termasuk yang mengutamakan calon betul betul ditelisik tentang kompetensi, kapasitas dan integritas, ketimbang hanya dijejelin terus dengan istilah popularitas dan tingkat elektabilitas, itu mainan lembaga survei," ujarnya, Rabu (7/9).

Baca juga : Pengamat: Peluang Koalisi PDIP-Gerindra Terbuka Lebar

Calon presiden yang muncul saat ini, juga harus dilihat dari latar belakang, kiprahnya, serta visi dan misinya untuk kesejahteraan Indonesia ke depan.

"Ada tidak track record, ada tidak riwayat hidup. Jangan sampai silang sengkarut di publik, itu selesai di paparan partai yang mengusung," ingatnya.

Menurut Siti, salah satu sosok capres yang dianggap sudah selesai secara internal dan terus menunjukkan kinerja positif yaitu, Airlangga Hartarto. "Dia masih sibuk jadi Menko," tuturnya.

Baca juga : Pemerintah Diminta Jaga Harga Minyak Kelapa Sawit

Menteri Koordinator Perekonomian tersebut merupakan capres dari Golkar. Jika dilihat dari sejumlah survei, elektabilitas Airlangga masih belum signifikan. Siti pun memberi saran pada partai beringin.

"Kalau sudah dipastikan dari Golkar bahwa ketua umum Airlangga yang akan dicalonkan, pastinya secara internal sudah selesai. Tinggal sekarang apakah bisa mulai memasarkan pak Airlangga, dan mesin mesinnya sudah sampai ke level grassroot,” tandasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota DPR Fraksi Partai Golkar Dedi Mulyadi, menurutnya Airlangga adalah sosok yang tidak pernah mencari perhatian publik dengan gimik dan pencitraan. Melainkan, sosok yang terus bekerja membantu Presiden Jokowi dan menunjukkan hasil kerja yang baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.