Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Penumpang Keluhkan Layanan Tarif Integrasi

Antrean Panjang Dan Saldo Kartu Terpotong Dua Kali

Minggu, 9 Oktober 2022 07:30 WIB
Warga berada di dekat bus TransJakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).
Warga berada di dekat bus TransJakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT JakLingko Indonesia mesti mengevaluasi implementasi sistem tarif integrasi angkutan umum di Jakarta. Sebab, banyak penumpang mengeluhkan penerapannya yang dinilai menurunkan pelayanan.

Keluhan penumpang berseliweran di medsos stakeholder terkait seperti Transjakarta, JakLingko, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, bahkan, akun medsos pribadi Gubernur Anies Baswedan. Semua keluhan bermuara pada penerapan proses tap in dan tap out di setiap halte Transjakarta. Protes itu antara lain penerapan satu kartu hanya untuk satu penumpang, antrean menjadi lebih panjang, dan potongan saldo.

“Ribet ya, kalau emak-emak bawa anak 2 harus punya 3 kartu berarti dong,” kata @nita_noonna.

Baca juga : BUMN Beri Angin Segar Kawal Ekonomi Digital

“Rencana ajak keluarga jalan-jalan naik busway. Anak 2, total sama istri 4 jiwa, kudu punya 4 kartu gitu ya? Kocak ya, bukan memudahkan malah mempersulit,” ujar @syaibi.

“Naik BRT terus turun di shelter busway, pas keluar kepotong lagi jadi 2 kali. Ini gimana min? Malah merugikan customer dong,” tanya @yand_swastono.

“Error di gate, antrean numpuk, saldo ada yang kepotong hubungi costumer service. Coba dong buat kebijakan ini liat jam-jam sibuk, antrean gate, kasian orang menderita akibat sistem masih error sana sini,” keluh @maumu17.

Baca juga : Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Sesuai Harapan Pengusaha

“Yang bikin khawatir tuh kalau kita nggak tap out, kartu keblokir. Sedangkan di pintu keluar, petugas bilang nggak perlu tap out karena pintu masuk dan keluarnya cuma 1. Apalagi pas jam pulang kantor itu crowded parah. Keluarnya ya lewat samping gatenya tanpa tap out. Kalau case-nya kayak gitu gimana min? Masa keblokir juga padahal fasilitas haltenya yang kurang memadai,” ungkap @nadillah.krn.

“Niatnya pengen kayak di kereta, tapi mesinnya beda. Kalau mau naik kereta tap in nggak bayar, entar keluar tap out baru kepotong. Lah ini tap in dan tap out sama-sama kena potong,” ujar @moelya_hadi99.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan PT Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi pengaktifan kembali sistem pembayaran melalui kartu yang menyebabkan penumpang antre di sejumlah halte.

Baca juga : Terima Penghargaan Asosiasi Internasional, Burhanuddin Dinilai Jaksa Terbaik

Anang mengklaim, pihaknya telah mensosialisasikan kebijakan sistem pembayaran baru tersebut kepada para pengguna Transjakarta. Namun diakuinya, dalam implementasinya sebagian pengguna Transjakarta belum mengetahui penerapan kebijakan sistem pembayaran baru ini sehingga menyebabkan antrean penumpang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.