Dark/Light Mode

Penumpang Keluhkan Layanan Tarif Integrasi

Antrean Panjang Dan Saldo Kartu Terpotong Dua Kali

Minggu, 9 Oktober 2022 07:30 WIB
Warga berada di dekat bus TransJakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).
Warga berada di dekat bus TransJakarta di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc).

 Sebelumnya 
“Sosialisasinya sudah sejak Maret 2022. Jadi tidak benar kalau tidak ada sosialisasi sebelumnya. Hanya memang mungkin ada yang tahu dan tidak. Juga ada yang belum melakukan tap out atau menempelkan kartu waktu turun di sebelum hari diberlakukannya,” ujar Anang.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan tarif integrasi JakLingko, Jumat (7/10). Layanan ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi warga yang kerap berpindah moda transportasi umum di Ibu Kota.

“Ini adalah ikhtiar panjang yang melibatkan begitu banyak orang bukan hanya dari penyiapan infrastruktur fisik, tetapi pengelolaan dan sistem pembayarannya,” kata Anies saat peresmian di MRT Asean, Jakarta Selatan.

Baca juga : BUMN Beri Angin Segar Kawal Ekonomi Digital

Anies bilang, warga Jakarta kini dapat menikmati kemudahan dalam melakukan pembayaran di berbagai moda transportasi publik dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik atau menggunakan aplikasi Jaklingko.

“Tidak perlu lagi memiliki berbagai jenis kartu yang berbeda untuk masing-masing moda, karena cukup dengan satu kartu sudah dapat digunakan di berbagai moda,” ujarnya.

Bukan hanya itu, lanjutnya sistem pembayaran di berbagai akan ditingkatkan menggunakan QR Code hingga face recognition.

Baca juga : Penyesuaian Tarif Angkutan Penyeberangan Belum Sesuai Harapan Pengusaha

Anies pun meminta agar hal tersebut diaplikasikan ke seluruh transportasi umum di Jakarta.

Menurut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, transportasi umum bukan hanya berfungsi sebagai alat untuk memindahkan badan. Tapi membentuk perilaku dan budaya masyarakat.

Selain itu, transportasi umum merupakan alat pemersatu karena memberikan perasaan kesetaraan. “Kita ingin kendaraan umum di Jakarta jadi fasilitator integrasi masyarakat lintas apapun,” tandasnya.

Baca juga : Terima Penghargaan Asosiasi Internasional, Burhanuddin Dinilai Jaksa Terbaik

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo menambahkan, integrasi merupakan kunci dalam pembangunan sustainable transportation yang bertujuan untuk mengedepankan pejalan kaki dan pesepeda yang terkoneksi dengan layanan angkutan umum yang optimal bagi seluruh warga Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.