Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luncurkan Tiga Pendanaan Startup

BUMN Beri Angin Segar Kawal Ekonomi Digital

Kamis, 29 September 2022 07:30 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).
Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan tiga pendanaan untuk startup (perusahaan rintisan). Hal ini menjadi angin segar untuk memastikan ekonomi digital di dalam negeri bisa terus berkembang.

Tiga pendanaan itu berasal dari BUMN Group. Yakni Agri Fund oleh PT Pupuk Indonesia (Persero), Biohealth Fund oleh PT Bio Farma (Persero) dan Energy Fund oleh Pertamina NRE (New Renewable Energy).

Peneliti Ekonomi Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda menilai positif peluncuran itu. Sebab, tahun ini, pendanaan untuk perusahaan rintisan digital masih terbilang rendah jika dibandingkan tahun lalu yang mampu mencapai Rp 144 triliun.

Baca juga : Menteri Erick Dorong Telkom Jadi Garda Ekonomi Digital Bangsa

“Pendanaan untuk startup saat ini masih seret. Jumlahnya baru mencapai Rp 30-an triliun hingga pertengahan tahun,” kata Nailul kepada Rakyat Merdeka.

Ia khawatir, seretnya pendanaan tersebut membuat perusahaan digital kesulitan, yang berujung pada terjadinya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) hingga tutup usaha.

Karena itu, pendanaan dari BUMN merupakan angin segar bagi startup digital yang terus berupaya mengembangkan bisnis perusahaan rintisan.

Baca juga : Jokowi Soroti Porsi Ekonomi Digital Agrikultur Baru 4 Persen

“Hadirnya pendanaan, khususnya di sektor pertanian, energi dan kesehatan ini bagus dan penting. Apalagi ada perhatian pada startup yang bergerak di sektor riil, seperti pertanian,” katanya.

Pasalnya, sektor-sektor tersebut sangat penting di tengah ketidakpastian kondisi global akhir-akhir ini.

“Ini langkah yang patut didukung dan jangan sampai salah sasaran pendanaannya,” imbaunya.

Baca juga : Erick: BUMN Startup Day, Akselerasi Ekonomi Digital Indonesia

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menegaskan, pihaknya terus berusaha mengembangkan ekonomi digital Indonesia, melalui penyediaan ruang kolaborasi antara BUMN dengan startup.

Seperti yang dilakukan Venture Capital BUMN, yaitu Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, BRI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi dan BNI Ventures.

Hal ini diwujudkan dengan penandatanganan 12 kerja sama antara BUMN dengan startup, pada rangkaian acara pembukaan BUMN Startup Day 2022, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Senin (26/9).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.