Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Punya Solusi Untuk Bangsa? Yuk Ikutan Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

Jumat, 26 Juli 2019 15:20 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi mengapresiasi dukungan media dalam membantu pemerintah mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia. Apresiasi ini kemudian dilembagakan melalui pemberian Piala Presiden Kompetisi Nasional Media.

Selama ini, belum ada satu bentuk penghargaan yang bisa mewakili secara tepat apresiasi pemerintah terhadap pers, yang sifatnya menyeluruh. Tidak terbatas pada ruang lingkup tugas satu kementerian, seperti Adam Malik Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media ini mengapresiasi sumbangan media pada penanganan tantangan bangsa Indonesia secara keseluruhan.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media yang baru pertama kali digelar pada 2019 ini, memiliki dua kegiatan utama. Pertama, pemberian award (penghargaan) terhadap karya jurnalistik. Kedua, diskusi persoalan bangsa yang melibatkan kalangan tokoh media, baik di tingkat nasional maupun daerah.

Baca juga : Ekspor Buah Tembus Negeri Tango, Menteri Amran Diterima Presiden Argentina

Diskusi ini merupakan forum bagi kalangan media untuk menyampaikan pokok-pokok pikirannya terkait masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Penyelenggara Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, yang merupakan gabungan antara unsur pemerintah dan media.

Lembaga penyelenggara ini memiliki struktur Dewan Pembina, Dewan Ahli, Pengurus Penyelenggara, Board of Group Discussion, dan Tim Pelaksana. Di Dewan Pembina ada Menteri Sekretaris Negara, Menteri Komunikasi dan Informatika, serta Ketua Dewan Pers.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media untuk tahun 2019 mengambil tema besar "Cepat Majulah Bangsaku!" Ada empat tema menjadi fokus lomba ini, yaitu:

  1. Persatuan dan Kerukunan Bangsa 
  2. Percepatan dan Pemerataan Pembangunan Berkesejahteraan Sosial
  3. Pendidikan dan Pengembangan SDM di Era 4.0.
  4. Pengembangan Industri Berbasis Pemanfaatan Teknologi Digital.

Tahun ini, ada tujuh kategori yang diikutsertakan dalam kompetisi Piala Presiden, yaitu:

  1. Karya Jurnalistik Media Cetak/media siber
  2. Karya Jurnalistik Televisi Short Story
  3. Karya Jurnalistik Televisi Long Story
  4. Karya Jurnalistik Radio
  5. Tajuk Rencana Media Cetak/media siber
  6. Artikel opini media cetak/siber
  7. karya audio-visual Media Sosial

Baca juga : Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

Kompetisi ini dapat diikuti oleh media, baik nasional maupun daerah, untuk kategori karya jurnalistik (cetak, TV dan Radio, media siber), dan tajuk rencana. Selain itu, individu juga noleh ikut serta dalam kategori artikel opini yang dimuat media massa cetak dan siber, serta karya audio-visual yang dipublikasikan melalui media sosial.

Karya yang diikutsertakan dalam kompetisi harus sudah pernah dipublikasikan atau disebarluaskan melalui media utama maupun media sosial dalam periode waktu 1 Januari –15 September 2019.

Batas akhir penerimaan karya jurnalistik oleh panitia yang diikutsertakan dalam kompetisi adalah 17 September 2019.

Masing-masing media atau individu dapat mengajukan lebih dari satu karya. Lembaga penyelenggara akan membentuk tim juri independen untuk memilih tiga karya terbaik, dalam masing-masing kategori pada masing-masing tema. Keputusan dewan juri bersifat mutlak.

Baca juga : Satukan Bangsa, Erick dan Sandi Melebur Dalam Barisan Milenial Merah Putih

Karya terpilih dalam kompetisi ini akan mendapatkan penghargaan berikut:

  1. Piala Presiden untuk karya terbaik lintas tematik pada 7 kategori lomba.
  2. Piala Presiden untuk karya terbaik lintas tematik pada kategori berita dan tajuk rencana untuk media massa cetak dan siber daerah
  3. Sertifikat Penghargaan untuk pemenang 1, 2 dan 3 untuk setiap kategori yang telah dijelaskan di atas.
  4. Hadiah Uang untuk pemenang 1, 2, dan 3 untuk setiap kategori yang telah dijelaskan di atas.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Panitia Penyelenggara Kompetisi Nasional Media, Hendrata Yudha, M. Ikom, HP +62 812370550. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.