Dark/Light Mode

Ekspor Buah Tembus Negeri Tango, Menteri Amran Diterima Presiden Argentina

Selasa, 23 Juli 2019 08:43 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri), berbincang dengan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan, Buenos Aires, Senin (22/7). (Foto: Humas Kementan)
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (kiri), berbincang dengan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan, Buenos Aires, Senin (22/7). (Foto: Humas Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman diterima Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan di Buenos Aires, Senin (22/7).

Kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Presiden Jokowi dan Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogir, Jawa Barat, yang telah menyepakati kerja sama di bidang pertanian, pada 26 Juni lalu.

Baca juga : Divonis Bersalah Kasus Karhutla, Menteri LHK: Justru Presiden yang Membenahi

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah Argentina menyetujui Indonesia mengekspor mangga, pisang, manggis, nanas dan salak. Di sisi lain, pemerintah Argentina juga berkomitmen menambah volume ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke Argentina.  Sehingga, pangsa pasar (market share) CPO Indonesia di Argentina akan meningkat.

Pada kesempatan yang sama, kedua pemerintah sepakat untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi pertanian, yaitu dryer, silo, dan mekanisasi pengolahan hasil pertanian.

Baca juga : Genjot Ekspor Burung Wallet, Menteri Enggar Lobi China

Persetujuan tersebut akan diawali dengan penandatangan perjanjian kedua belah pihak, antara Menteri Pertanian RI dan Menteri Agroindustri Argentina, yang direncanakan akan dilaksanakan di Jakarta pada September mendatang.

Kedua pemerintah berkomitmen meningkatkan kerja sama perdagangan bidang pertanian, yang saling menguntungkan dan seimbang. Karena itu, pemerintah kedua negara akan mendorong dan mamfasilitasi sektor swasta untuk mewujudkan hal tersebut dalam waktu dekat.

Baca juga : Disporapar Kabupaten Serang Targetkan Fun Run Diikuti Atlet Asia Tenggara

Dengan perjanjian tersebut, volume dan nilai perdagangan kedua negara dapat ditingkatkan secara signifikan di tahun-tahun mendatang. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.