Dark/Light Mode

Kamis Siang, BPBD DKI Klaim Banjir Di 44 RT Sudah Surut

Kamis, 13 Oktober 2022 14:21 WIB
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi banjir Jakarta. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebut, per Kamis (13/10) pukul 12.00 WIB, banjir yang merendam sejumlah wilayah di Ibu Kota sudah surut. Sebelumnya, imbas hujan lebat yang mengguyur wilayah DKI dan sekitarnya pada Rabu (12/10) sore, BPBD DKI mencatat 44 RT di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur kebanjiran.

"Sejumlah titik yang sebelumnya tergenang saat ini sudah surut. Hal ini berkat upaya kolaboratif yang dilakukan oleh OPD terkait seperti BPBD, Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, Dinas Bina Marga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tamhut dan PPSU Kelurahan dengan mengerahkan sejumlah personel dengan peralatan seperti pompa mobile untuk menyedot air dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik," tulis BPBD DKI dalam keterangannya.

Baca juga : Anies Klaim Banjir Di DKI Surut Lebih Cepat 72 Jam

Selain itu, BPBD bilang penanganan banjir ini juga berkat peran dari unsur masyarakat. Seperti pihak RT/RW, FKDM, dan tokoh masyarakat. BPBD DKI juga berkolaborasi dengan Camat, Lurah, Kasipem, Staff Kelurahan, Disgulkarmat, PPSU, Pol PP, SDA, Satgas Bencana Kementrian PUPR, PLN, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Bina Marga, Babinsa, Babinkamtibmas, FKDM, KSB, dan Relawan Cinta Kasih NKRI.

"Melakukan giat kerja bakti di wilayah yang sudah surut tersebut. Kerja bakti memfokuskan pada pembersihan lumpur dan puing-puing sampah pasca genangan, agar lingkungan dapat kembali ditempati dengan nyaman," ujarnya.

Baca juga : Kasian, Gubernur DKI Diuji Macet Dan Banjir

BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Di mana berdasarkan informasi yang dirilis oleh BMKG, potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat masih akan terjadi hingga tanggal 15 Oktober 2022. "Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop," imbaunya.

BPBD merinci, wilayah yang sudah surut dari genangan. 21 RT di Jakarta Selatan. Yakni: 2 RT Kelurahan Tanjung Barat, 3 RT di Kelurahan Pejaten Timur, 10 RT di Kelurahan Rawajati, 1 RT di Kelurahan Kebon Baru dan 5 RT di Kelurahan Manggarai.

Baca juga : Makin Panas, AS Dan Korsel Balas Tembakan Rudal Balistik Korut

23 RT di Jakarta Timur, yakni: 5 RT di Kelurahan Cawang, 1 RT di Kelurahan di CIlilitan, 1 RT di Kelurahan di Bidara Cina: 1 RT dan 16 RT di Kelurahan Kampung Melayu. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.