Dark/Light Mode

Heru Ingatkan Pejabat Tak Salahgunakan Kewenangan

Oknum Lurah Manfaatin PPSU Jadi Sopir Pribadi

Kamis, 20 Oktober 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (memakai batik) mengumpulkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) mulai dari tingkat lurah, camat, hingga kepala dinas. Mereka dikumpulkan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (18/10). (Foto: Kominfotik DKI).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (memakai batik) mengumpulkan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) mulai dari tingkat lurah, camat, hingga kepala dinas. Mereka dikumpulkan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (18/10). (Foto: Kominfotik DKI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono mengingatkan para pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta agar tidak menyalahgunakan kewenangan untuk kepentingan pribadi.

Imbauan tersebut disampaikan Heru saat memberi pengarahan kepada lurah, wali kota, hingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat, Selasa (18/10).

Heru mengungkapkan, pernah ada oknum lurah memanfaatkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk kepentingan pribadi sebagai staf atau sopir pribadi.

“Saya nggak ingin menyebutkan nama lurahnya. Yang mengadu ini PPSU-nya. (Saat itu) saya panggil lurah-nya ke kantor,” kata Heru.

Baca juga : Survei Indikator: 31 Persen Masyarakat Ragukan Keamanan Data Pribadi

Heru menceritakan, lurah tersebut mengakui ada dua PPSU yang mengurus rumahnya. Satu sebagai staf dan satu lagi menjadi sopir pribadi.

“Kalau begitu kurang dong (personel PPSU) di kelurahan,” ujarnya.

Mantan Wali Kota Jakarta Utara ini mewanti-wanti agar tidak ada lagi kejadian seperti itu. PPSU harus bekerja berdasarkan kontrak.

“PPSU jangan jadi staf bapak (lurah). Mohon maaf, jangan jadi driver (atau) suka bawain koran,” tegasnya.

Baca juga : Lestari Ingatkan Perubahan Global Perlu Kesiapan Ekonomi Digital

Heru mengungkapkan, ia bakal berkeliling ke kantor kelurahan untuk memastikan PPSU bekerja sesuai tugas dan fungsinya.

“Besok saya akan keliling kelurahan, nggak akan dadakan juga. Sekalian ngecek, sekalian silaturahmi,” imbuhnya.

Heru juga mengimbau masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Terutama saat berkegiatan di Car Free Day (CFD). Sebab, Heru merasa kasihan dengan PPSU yang harus membersihkan sampah di jalan.

Heru berencana akan menggunakan drone untuk mengawasi peserta CFD. Nanti pelaku yang tertangkap kamera buang sampah sembarangan akan ditayangkan di YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Baca juga : Puan Ingatkan Pemerintah Siapkan Rencana Cadangan Hadapi Krisis Pertalite

Dia meminta Dinas Perhubungan (Dishub) DKI agar mengingatkan warga yang berkegiatan di CFD dengan alat pengeras agar tidak membuang sampah sembarangan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.