Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DKI Pastikan Genjot Integrasi Transportasi Umum

Transjakarta Akan Terkoneksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Sabtu, 5 November 2022 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan akan terus menggenjot program Integerasi Transportasi Umum. Salah satunya, mengkoneksi layanan bus Transjakarta dengan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menegaskan, Pemprov DKI bakal terus mengintensifkan penyediaan dan penggunaan angkutan massal perkotaan di Ibu Kota.

“Kami akan mengupayakan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang sudah ada, sekaligus merencanakan dan membangun angkutan massal itu sendiri,” kata Heru dalam keterangannya usai memenuhi undangan rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi bersama beberapa Menteri di Istana Merdeka, Rabu (2/11).

Baca juga : Bahas Percepatan Integrasi Transportasi Massal, Pj Gubernur DKI Temui Menteri Perhubungan

Untuk mendukung pengintegrasian angkutan massal perkotaan, lanjut Heru, Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Tak hanya itu, pihaknya membuka kemungkinan kerja sama dengan stakeholder swasta seperti yang sudah dijalankan Transjakarta selama ini.

Teranyar, kesepakatan Transjakarta dengan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) untuk mengintegrasikan angkutan penumpang dan bisnis pendukung. Ke depan, Transjakarta akan menyediakan kebutuhan pelayanan angkutan umum di wilayah Jabodetabek, untuk mendukung arus mobilitas penumpang KCIC dari dan ke Stasiun Halim. Serta, bisnis pendukung yang disepakati bersama.

Integrasi antara lain meliputi pembenahan ongkos menjadi lebih murah, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 733 Tahun 2022 tentang Besaran Paket Tarif Layanan Angkutan Umum Massal.

Baca juga : Kerja Cepat Dan Tepat Pj Gubernur DKI Dipuji

Sebelumnya, Heru bertemu dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir untuk membahas integrasi transportasi umum secara menyeluruh. Menurut Heru, integrasi angkutan di bawah pengelolaan Pemerintah Pusat dan Daerah harus dilakukan sehingga sarana mobilitas warga bisa tersambungkan secara total.

Heru juga menemui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, membahas hal yang sama. Selain itu, keduanya membahas tentang ketersediaan kendaraan umum berbasis listrik di Jakarta.

BKS-sapaan Budi Karya yang juga hadir dalam ratas, melaporkan perkembangan pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di Jakarta. Dia menyebut investor Jepang, Korea dan Inggris ingin masuk sebagai konsorsium pembangunan MRT.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.