Dark/Light Mode

Bahas Percepatan Integrasi Transportasi Massal, Pj Gubernur DKI Temui Menteri Perhubungan

Senin, 24 Oktober 2022 17:53 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kemenhub RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/10). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kemenhub RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/10). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama jajarannya menemui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Gedung Kemenhub RI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/10). Pertemuan untuk membahas percepatan integrasi transportasi umum massal, serta ketersediaan plkendaraan umum berbasis listrik di Jakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pihaknya bersama jajaran Dirjen Kemenhub sudah melakukan koordinasi cukup penting, mengingat Jakarta adalah satu role model bagi kota-kota yang lain, dan transportasi adalah satu kegiatan sering menjadi contoh bagi wilayah lainnya.

Baca juga : Mentan Pastikan Kasus PMK Terus Menurun

"Kami banyak bicara berkaitan dengan angkutan umum massal, yakni bahwa MRT sudah tahap satu dan tahap dua. Lalu yang menggembirakan adalah untuk MRT investornya bukan saja Jepang, tetapi sudah ada dari Korea dan dari United Kingdom (UK) Inggris. Oleh karena itu, kita harapkan dalam kegiatan G20 nanti, kita akan melakukan MoU dengan ketiga negara tersebut," ujar Budi Karya.

Selain MRT, pertemuan juga membahas kendaraan berbasis listrik. Hal ini menjadi fokus perhatian karena keberadaan kendaraan listrik ini menjadi konsep Presiden Joko Widodo. Kendaraan listrik ini memiliki keuntungan, seperti irit bahan bakar dan lingkungan menjadi terjaga.

Baca juga : KPK Telusuri Peran Hakim Agung Lain

Pj Gubernur Heru akan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Menteri Budi Karya, dengan melakukan kajian dan koordinasi dengan jajarannya di Pemprov DKI. Heru menyebut, terbuka kemungkinan kerja sama dengan stakeholder swasta. Misalnya, penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di tempat publik.

"Jadi, apa yang tadi disampaikan (Menteri Budi Karya) poin-poinnya akan kami eksekusi. Ada beberapa yang bisa kita segera eksekusi, seperti di Manggarai dan Tanah Abang bakal ada penambahan SPKLU. Ke depannya, mungkin pemerintah daerah ataupun nanti bersama dengan swasta di dalam perizinannya akan ada diskusi. Terbaru, pembahasannya adalah di setiap gedung disiapkan ada tempat SPKLU," kata Heru.

Baca juga : Kerja Cepat Dan Tepat Pj Gubernur DKI Dipuji

"Lalu, terkait LRT dan MRT kita semua fokus ke sana. Kami akan lakukan sinkronisasi terkait dengan pembiayaan di APBD 2023, ada beberapa yang bisa kami lakukan kira-kira seperti itu," sambung Heru. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.