Dark/Light Mode

Tangkap Dan Hukum Pelakunya Biar Kapok

Jorok! Operator Sedot WC Buang Limbah Ke Selokan

Sabtu, 26 November 2022 07:30 WIB
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta, Suci Tanjung. (Foto: Walhi Jakarta).
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta, Suci Tanjung. (Foto: Walhi Jakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyedia jasa sedot WC di Ibu Kota kepergok berulang kali membuang limbahnya sembarangan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mesti menindak tegas pelakunya supaya kapok.

Aksi nakal truk tinja itu setidaknya sudah tiga kali kepergok. Pertama, pada 20 Agustus 2021, truk penyedot tinja membuang muatannya di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur. Kemudian, 17 Mei 2022, membuang limbahnya ke sebuah selokan di Jalan Ahmad Yani, Matraman, Jakarta Timur.Teranyar, Minggu 20 November 2022, kepergok membuang tinja ke selokan di kawasan Hutan Kota Cawang, Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur.

Ketua Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Fraksi PDIP Ida Mahmudah mendesak Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI menindak tegas truk tinja yang kepergok membuang limbah sembarangan.

Baca juga : Kapolri Kerahkan Tenaga Medis Tambahan

“Kali dan taman bukan tempa membuang limbah tinja,” tegas Ida.

Menurut Ida, pelaku mesti dihukum berat. Sebab, jika hanya teguran, berpotensi operator penyedot WC akan kembali mengulanginya.

Hal senada diungkapkan Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta Suci Tanjung.

Baca juga : Tekan Angka Pernikahan Dini, Ganjar Kampanyekan Jo Kawin Bocah Ke Ribuan PelajarĀ 

“Pelaku mesti dijerat dengan Undang-Undang Lingkungan Hidup. Di aturan ini ada sanksi pidana. Jangan hanya dijerat pake Peraturan Gubernur,” ungkapnya.

Menurut Suci, ulah pelaku mencederai usaha Pemerintah dan aktivis yang ingin memperbaiki lingkungan hidup, khususnya di Jakarta. Usaha yang menelan banyak biaya, waktu serta tenaga tersebut, menjadi sia-sia akibat perbuatan pelaku.

“Saat ini kita tengah berupaya agar rumah tangga atau perkantoran dapat mengelola limbahnya secara mandiri untuk memperbaiki lingkungan. Mereka malah membuang sembarangan,” kata Suci saat berbincang dengan Rakyat Merdeka.

Baca juga : Ganjar Gerak Cepat Minta Tambah Stok Ke Pertamina

Pengelolaan limbah mandiri, dipaparkan Suci, agar rumah tangga, gedung atau perkantoran tidak langsung membuang limbah serta air bekas pakainya langsung ke selokan yang berujung ke sungai. Tapi, dikelola dulu sebelum dialirkan ke selokan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.