Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Stok Blangko Menipis Di Ibu Kota

Warga Ngeluh Bikin KTP Elektronik Lama

Jumat, 2 Desember 2022 07:30 WIB
Ilustrasi. (Foto: Ist).
Ilustrasi. (Foto: Ist).

RM.id  Rakyat Merdeka - Warga Ibu Kota mengeluh proses membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), lama. Penyebabnya, ternyata blangkonya menipis. Untuk mengatasi masalah ini, Pemerintah akan menerbitkan identitas digital.

Menipisnya blangko KTP di Jakarta karena kurangnya pasokan dari Pemerintah Pusat.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengamini stok blangko menipis.

Baca juga : Maroko Gulingkan Belgia Di Piala Dunia, Kota Brussel Mencekam

“Iya blangko di pusat tinggal 160 ribu dan di daerah sudah banyak yang menipis,” kata Zudan kepada Rakyat Merdeka, Rabu (30/11).

Zudan bilang, menipisnya stok blangko akibat adanya pemekaran Provinsi, Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

Menipisnya blangko KTP sudah berimbas terhadap layanan. Warga DKI mengeluhkan kesulitan mendapatkan KTP Elektronik melalui akun Instagram Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, @herubudihartono dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta, @dukcapiljakarta.

Baca juga : Airlangga: Ekonomi Digital Hadirkan Peluang Baru Bagi Perekonomian Indonesia

“Apa benar blangko KTP di Jakarta, khususnya di Kelurahan Tanjung Priok sudah habis Pak? Berapa lama pelayanan KTP itu selesai? Saya sudah mau 3 minggu belum selesai juga Pak. Padahal sebelumnya petugas kelurahan janjinya 2 atau 3 hari selesai,” tanya @kafikamandaka.

“Pak Heru, blangko KTP di Kelurahan Meruya Utara selalu kosong. Bolak-balik ingin cetak ulang KTP selalu dibilang setiap 2 minggu sekali cek,” kata @untungs789.

@dukcapiljakarta tolong blangko kapan ready-nya, sudah 2 bulan menunggu dari pihak Kelurahan Cakung Barat masih kosong katanya. Mau bikin KTP sulit sekali, menunggu lama. Tolong dong dipercepat karena butuh KTP buat bikin Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan keperluan bikin ATM,” ujar @sweetpuca20.

Baca juga : Milan Mau Bajak Bomber Lille

Selain itu, ada warganet meminta agar pelayanan di Dinas Dukcapil DKI Jakarta diperbaiki.

“Di kantor Dukcapil, pak @herubudihartono, masih banyak yang harus bolak-balik urus e-KTP,” ungkap @sbiwons.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.