Dark/Light Mode

Pergerakan Tanah Di 10 Kecamatan

Fraksi PSI DKI Desak BPBD Jakarta Gencarkan Sosialisasi Mitigasi Bencana

Rabu, 7 Desember 2022 12:59 WIB
Ilustrasi longsor di Jakarta. (Foto: Ist)
Ilustrasi longsor di Jakarta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, August Hamonangan meminta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menanggapi serius dan seksama rilis yang dikeluarkannya. Di mana BPBD menyebut, ada potensi pergerakan tanah di 10 Kecamatan di Ibu Kota. 

"10 kecamatan itu kawasan padat penduduk. Ini harus jadi perhatian sejak dini. BPBD DKI Jakarta harusnya bukan cuma merilis prediksi tapi juga langsung merumuskan mitigasi jangka pendek dan panjangnya," kata August, Rabu (7/12).

Baca juga : Heru Angkat Iwan Takwin Diangkat Jadi Dirut Jakpro Gantikan Widi Amanasto

Menurutnya, Pemprov DKI khususnya BPBD dan instansi terkait hendaknya juga melibatkan peran serta warga untuk program pengawasan dan mitigasi.

"Sosialisasi yang masif soal adanya pergerakan tanah, agar warga lebih waspada. Menyiapkan logistik dan alat evakuasi jika benar terjadi fenomena pergeseran tersebut di titik rawan yang sudah diprediksi," ujarnya.

Baca juga : Tanggulangi Banjir, PSI Desak Pemprov DKI Bentuk Kampung Siaga Bencana

Bukan hanya itu, August juga mendesak, BPBD mengedukasi warga untuk antisipasi bencana dengan melibatkan lembaga kemasyarakatan. Seperti, Karang Taruna, Pramuka yang lebih muda, energik dan punya semangat bergerak ke lapangan. “Juga meminta masukan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat serta lebih utamakan kebutuhan dan keselamatan lansia," tegasnya.

Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta menuturkan adanya potensi pergerakan tanah di 10 kecamatan di Jakarta.
"Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG," tulis BPBD dalam keterangannya.

Baca juga : Jelang KTT G20, Kementan Gencarkan Vaksinasi PMK Dan Rabies Di Bali

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), BPBD mengatakan 10 kecamatan tersebut berada di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Rinciannya, 8 Kecamatan di Jakarta Selatan, yakni: Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, dan Pesanggrahan. Dan 2 Kecamatan Jakarta Timur, yaitu: Kecamatan Kramatjati, dan Pasar Rebo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.