Dark/Light Mode

Halte Transjakarta Halangi Tugu Selamat Datang

Fraksi PDIP DKI Bakal Panggil Transjakarta

Sabtu, 8 Oktober 2022 11:11 WIB
Halte Bundaran HI. (Foto: Istimewa)
Halte Bundaran HI. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk membahas polemik pembangunan Halte Tosari - Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta mengundang anggota Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta JJ Rizal dan anggota Tim Ahli Bangunan Gedung (TABG) DKI Jakarta Yayat Supriatna, Jumat (7/10).

Dalam pertemuan tersebut, Yayat mengungkapkan, TABG sudah menyampaikan rekomendasi kepada Transjakarta pada 16 Juni 2021 atau saat ingin merevitalitasi halte tersebut. Namun rekomendasi itu diabaikan, sehingga halte tetap dibangun Transjakarta di median jalan, tepatnya di Jalan Sudirman-Thamrin.

“Jadi, sebetulnya catatan tentang hal-hal yang harus diubah dan didesain ulang menyesuaikan dengan lingkungan itu, ternyata tidak dipenuhi Transjakarta,” kata Yayat.

Baca juga : Dinas Kebudayaan Akui Halte Transjakarta Halangi Tugu Selamat Datang

Yayat mengatakan, TABG juga sudah menyampaikan persoalan ini kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta yang mengeluarkan perizinan. TABG meminta kepada DPMPTSP agar Transjakarta menyelesaikan segala yang diusulkan oleh para ahli bangunan di Jakarta.

“Tetapi, praktiknya ternyata apa yang kami rekomendasikan itu tidak ditindaklanjuti setahun yang lalu, dan ujung-ujungnya sekarang sudah ada bangunan sehingga menimbulkan polemik di masyarakat,” ujarnya.

Sementara JJ Rizal mengaku, tidak pernah dilibatkan dalam pembangunan itu. Padahal, proyek fisik yang dilakukan di kawasan cagar budaya atau diduga cagar budaya harus melalui sidang TSP DKI Jakarta.

Baca juga : Jinakkan Harga Telur, Kemendag Dan Badan Pangan Gelar Operasi Pasar

Dari kesimpulan dua pakar tersebut, Fraksi PDIP menilai, Pemprov DKI Jakarta abai dan lalai. Fraksi PDIP pun bakal memanggil Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Transjakarta. 

"Fraksi PDIP juga akan menginstruksikan anggota di Komisi untuk protes keras ini,” kata Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo.

Menurut Rio, Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Transjakarta seharusnya merawat dan menghargai benda warisan para pendahulu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.