Dark/Light Mode

Hindari Kecelakaan, Dilarang Ngebut

Pesepeda Keluar Jalur Khusus Kudu Disanksi

Jumat, 16 Desember 2022 07:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: DPRD DKI Jakarta).
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo. (Foto: DPRD DKI Jakarta).

 Sebelumnya 
Sejumlah pelanggaran yang dilakukan pesepeda sempat viral di media sosial (medsos). Seperti rombongan pesepeda melintas di luar jalur terjadi pada Selasa (6/12) di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat. Kejadian ini bahkan langsung dipergoki oleh Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Lalu, Jumat (9/12) dua pesepeda jenis road bike kedapatan melintas di luar jalur sepeda Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya lingkar Semanggi bawah, Jakarta Selatan. Kejadian tersebut diunggah oleh akun resmi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya @tmcpoldametro.

Baca juga : Johanis Angkat Kasus Kardus Durian Cak Imin

Kemudian, pesepeda masuk jalur Transjakarta dan menabrak petugas Dishub yang menyuruhnya untuk keluar jalur. Pelanggaran itu terjadi di sekitar Halte Tosari, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (11/12) pagi.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah mengeluarkan larangan pesepeda melintas di jalan raya di atas pukul 06.00 WIB. Pesepeda diharuskan melintas di jalur sepeda yang telah disediakan di sejumlah ruas jalan.

Baca juga : Pimpinan KPK Harap Segera Ada Ekspose Kasus Kardus Durian

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, larangan tersebut dikeluarkan karena jumlah pesepeda yang beraktivitas pada pagi hari mulai meningkat.

“Fenomena pesepeda yang olahraga pagi hari pada jam kerja pukul 06.00 hari Senin sampai dengan Jumat pagi, cukup mengganggu dan membahayakan aktivitas masyarakat lain yang akan berangkat bekerja,” ujar Latif.

Baca juga : Ganjarist Kecam Keras Relawan Siluman Yang Pecah Belah Ganjar Dengan Mega

Karena itu, Latif meminta pesepeda tidak keluar jalur setelah pukul 06.00 WIB. Pasalnya, pada waktu tersebut lalu lintas mulai meningkat.

“Jika melintas di jalan yang tidak ada jalur sepeda, sebaiknya pesepeda melintas di lajur paling kiri,” pintanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.