Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

1.406 Personel Satpol PP DKI Siap Amankan Perayaan Nataru

Selasa, 20 Desember 2022 20:07 WIB
Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin. (Foto: Ist)
Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memastikan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 berjalan kondusif. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta akan menerjunkan 1.406 personel untuk melakukan pengamanan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, ribuan personel tersebut disiagakan di 429 gereja yang tersebar di lima wilayah kota. Arifin merinci, 48 gereja di Jakarta Barat dijaga sebanyak 300 petugas, 134 gereja di Jakarta Utara dengan 262 personel, 50 gereja di Jakarta Pusat dengan 264 personel, 152 gereja di Jakarta Timur mengerahkan 390 personel dan 45 gereja dengan 180 personel di Jakarta Selatan.

“Ribuan personel Satpol PP yang ditugaskan pengamanan malam Natal dalam rangka memastikan seluruh kegiatan ibadah, perayaan natal, berlangsung tertib, aman, lancar dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Arifin, Selasa (20/12).

Tak hanya itu, sambung Arifin, personel Satpol PP juga dikerahkan untuk pengamanan selama digelarnya kegiatan Christmas Carol di tiga lokasi yakni Terowongan Kendal, Plaza Indonesia dan Kota Tua yang digelar pada tanggal 19 hingga 23 Desember 2022.

Baca juga : Pemprov DKI Perkuat Koordinasi Untuk Sukseskan Perayaan Natal Dan Tahun Baru

Arifin bilang, pihaknya juga bakal menerjunkan sebanyak 490 personel untuk pengamanan berbagai kegiatan di malam Tahun Baru yakni Malam Muda Mudi, Semarak Jakarta dan Car Free Night.

”Petugas dikerahkan untuk membantu penyekatan kendaraan bermotor yang dimulai pukul 20.00 WIB serta pengaturan pedagang yang akan ramai," jelasnya.

Personel Satpol PP DKI juga dikerahkan di ruang publik yang ramai dikunjungi warga pada malam tahun baru. Di antaranya, kawasan wisata Kota Tua, Danau Sunter, CNI Kembangan, Kawasan China Town PIK 2, BKT Jakarta Timur, kawasan Bulungan Jakarta Selatan dan Masjid Akbar di Jakarta Pusat.

"Kami juga terus mengimbau warga tetap memakai masker saat berada di ruang indoor sesuai instruksi Mendagri Nomor 50 tahun 2022 bahwa kapasitas 100 persen untuk pelaksanaan ibadah," tandasnya.

Baca juga : Malam Ini, Dewa Siap Bangkit Lawan Persija

Untuk memastikan keamanan Nataru, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono juga akan turun langsung memantau di beberapa lokasi. Mulai dari Balai Kota-Jalan Sudirman-Thamrin-FX-hingga Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Heru menyebut, Pemprov DKI Jakarta akan menggelar acara perayaan malam pergantian tahun yang terpusat di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.
"Setiap wilayah juga mengadakan kegiatan ini. juga di tempat-tempat hiburan, serta ruang publik," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata menjelaskan, untuk perayaan Natal ada Christmas Carol di Terowongan Kendal, HI dan Kota Tua. Lalu ada Jakarta Light Festival di Sumenep Promenade dan Kawasan Kota Tua.

Selain itu, lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu juga akan mengadakan perayaan serupa. Misalnya, di wilayah Jakarta Pusat kegiatan dipusatkan di Thamrin 10,  Jakarta Utara dan Barat acara dilaksanakan di kantor wali kota, Jakarta Selatan di Setu Babakan, Jakarta Timur di Cakung, dan Kepulauan Seribu di Pulau Untung Jawa,

Baca juga : 20 Bandara AP II Siap Sambut Lonjakan Penumpang Saat Libur Natal Dan Tahun Baru

"Pada 31 Desember akan ada car free night, di sana ada beberapa panggung berjarak yang didirikan kolaborator. Masing-masing panggung akan menyajikan berbagai genre musik." jelas Andhika.  

"Pusatnya tetap di TMII, sebab TMII telah menjadi ikon destinasi wisata di Jakarta dan baru dibuka setelah dilakukan revitalisasi, jadi kita aktivasi di sana, respons juga sangat baik," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.