Dark/Light Mode

Dukung PAM JAYA, Muhammadiyah Sosialisasi Kedaulatan Air Untuk Warga Jakarta

Rabu, 18 Januari 2023 21:02 WIB
Foto: Dok. PAM Jaya
Foto: Dok. PAM Jaya

 Sebelumnya 
Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta H.M. Sun'an Miskan dalam sambutannya mengatakan, ada 63 ayat Al-Quran yang menjelaskan tentang pentingnya air. Maka, menjaga air merupakan kewajiban bagi seluruh manusia.

“Sosialisasi tentang kedaulatan air hari ini merupakan hal penting untuk menjaga keberlangsungan kehidupan,” ujar H.M. Sun’an Miskan.

Direktur Utama PAM JAYA Arief Nasrudin yang menjadi salah satu narasumber mengatakan, 2 Februari 2023 PAM JAYA akan mengambil alih pelayanan air minum perpipaan di DKI Jakarta, setelah selama 25 tahun dikelola oleh mitra swasta.

Baca juga : Capreskan Airlangga, Golkar Kudu Sosialisasi Kesuksesan Kinerja Ekonomi

Pengambilalihan ini diharapkan dapat menjadikan pelayanan air minum perpipaan akan berorientasi pada kedaulatan air di Jakarta, dan bukan mengedepankan keuntungan semata.

“Untuk memastikan kedaulatan air dapat terwujud, tentunya kami membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk Muhammadiyah,” ujar Arief.

Arief menyebut, kedaulatan ini adalah pemberian hak dasar atas air bagi seluruh warga Jakarta, tanpa terkecuali.

Baca juga : Di Rakornas PBB, Jokowi Pesan Jaga Stabilitas Keamanan di Tahun Politik

PAM JAYA, lanjut Arief, telah menemukan solusi manajemen air yang tepat untuk menyediakan suplai air di sejumlah wilayah di Ibu Kota, salah satunya di Marunda Kepu, Jakarta Utara.

Di wilayah tersebut, suplai air sempat terganggu selama sekitar 7 bulan. Hal tersebut ternyata disebabkan usia pipa yang cukup tua sehingga tekanan air mesti dikurangi untuk mengurangi kebocoran pipa.

PAM JAYA menemukan solusi melalui pembangunan reservoir komunal atau bak penampungan air bawah tanah yang disertai pompa dorong.

Baca juga : Berdikari! Kekayaan Alam Kita Untuk Kita

“Alhamdulillah, dengan adanya reservoir komunal, warga di Marunda Kepu, bahkan yang berlokasi paling ujung dan bersebelahan dengan laut bisa mendapatkan suplai air secara normal,” pungkas Arief. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.