Dark/Light Mode

Capreskan Airlangga, Golkar Kudu Sosialisasi Kesuksesan Kinerja Ekonomi

Rabu, 18 Januari 2023 08:30 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menegaskan, partainya tegak lurus mencalonkan Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Kami harus terus mengkapitalisasi semua keberhasilan Pak Airlangga, baik selaku Menko Perekonomian atau Ketum Golkar dalam menjaga perekonomian Indonesia yang telah mendapat pengakuan dan pujian serta penghargaan dari seluruh dunia," tegas Dave, Selasa (17/1).

Sebelumnya, hasil survei Panel Survei Indonesia (PSI) mengungkap simulasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dengan memasangkan nama-nama tokoh nasional. 

Hasilnya, pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo menjadi pasangan yang paling banyak dipilih dengan tingkat keterpilihan 45,6 persen. Kemudian, di urutan kedua pasangan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dipilih sebanyak 19,1 persen, pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani dipilih sebanyak 14,2 persen.

Menurut Dave, hasil survei positif tidak berkaitan dengan menambah atau mempengaruhi kepercayaan diri Golkar dalam upaya pencalonan Airlangga pada Pilpres 2024. 

Baca juga : Beberkan Tantangan & Strategi Di 2023, Ketua Himbara Pastikan Kinerja Perbankan Solid

Menurutnya, Golkar saat ini fokus pada upaya mensosialisasikan partai sekaligus nama Airlangga sebagai capres Golkar.

"Sekarang bukan masalah percaya diri, akan tetapi giat dan bekerja para kader serta fungsionaris untuk lebih intens mensosialisasikan Pak Airlangga dan Partai Golkar," katanya.

Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad mengatakan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto perlu menonjolkan keunikan jika ingin berlaga di Pilpres 2024. 

“Pak Airlangga adalah profil pemimpin politik partai yang seperti apa sih, punya uniqueness kayak apa, kekuatan keunggulan seperti apa, baik dibandingkan dengan ketua umum Golkar sebelumnya maupun ketua-ketua partai yang lain,” kata Nyarwi, Selasa (17/1).

Keunikan ini karena Airlangga adalah seorang Ketum Partai tiga terbesar di Indonesia. Yang juga berada dalam pemerintahan sebagai Menko Perekonomian dan memiliki pengalaman, baik sebagai pengusaha maupun politisi. 

Baca juga : Aturan Sosialisasi Parpol Cepetan Diberesin Dong

Artinya, sebagai ketua umum partai bisa memperkenalkan diri. Misalnya, Ketum Partai Golkar yang itu usianya tua, atau muda, mengalami orde baru, memiliki peran politik, dalam pemerintahan dan berbagai tantangan, regenerasi kepemimpinan dan sebagainya.

“Saya kira itu bisa menjadi modal bagi Pak Airlangga untuk lebih memasarkan dirinya secara taktis,” ujarnya.

Kemudian, dengan kapasitas sebagai Menko Perekonomian, Airlangga dekat dengan Presiden Jokowi serta memiliki kepentingan dalam program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Golkar dikenal sebagai partai pendukung, penopang, penjaga yang ikut membantu dalam pemerintahan. 

“Tidak sulit bagi Golkar maupun Pak Airlangga memasarkan dirinya atau membranding dirinya dalam konteks atau dalam tim pemilihan politik Pak Jokowi,” jelas pria yang juga berprofesi sebagai dosen di Universitas Gajah Mada (UGM) ini. 

Baca juga : Emak-emak Jagokan Airlangga-Ganjar Maju Pilpres 2024

Selanjutnya, pengalaman dia sebagai pebisnis, bisa diaplikasikan di tengah pelemahan perekonomian dunia. 

Di tengah tantangan ekonomi global sekarang, perlu ditunjukkan baik ide-ide, pemikiran yang menarik ke depan di tengah tantangan ekonomi politik global.

“Itu dikaitkan dengan kepemimpinan politik nasional kayak apa, sosok model identik seperti apa, yang dibutuhkan, yang bisa menjawab itu,” jelas Nyarwi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.