Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mulus Jadi KSAL, Ali Janji Jaga Kedaulatan Laut dan Kembangkan Alutsista

Kamis, 29 Desember 2022 08:09 WIB
Presiden Jokowi melantik Laksamana TNI Muhammad Ali menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12/) (Foto: Humas Setkab/Djay)
Presiden Jokowi melantik Laksamana TNI Muhammad Ali menjadi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). di Istana Negara Jakarta, Rabu (28/12/) (Foto: Humas Setkab/Djay)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI, Muhammad Ali siap meningkatkan keamanan kedaulatan wilayah perbatasan Indonesia. 

Hal ini sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa penegakan kedaulatan di wilayah perbatasan harus terus ditingkatkan.

“Presiden sudah tekankan bahwa penegakan kedaulatan dan penegakan hukum di laut harus ditingkatkan. Namun tidak hanya di Laut China Selatan, tapi di seluruh perbatasan laut harus juga ditingkatkan, baik penegakan kedaulatan maupun penegakan hukum. 

Baca juga : Jaga Kedaulatan, Lestari Ingatkan Pentingnya Nilai Kebangsaan

Jadi tidak memandang-mandang. Sekarang kondisi sudah relatif aman, lebih aman dari beberapa tahun sebelumnya,” kata Ali usai dilantik jadi KSAL di Istana Negara, Rabu (28/12).

Selain itu, Ali juga akan memperkuat dan mengembangkan alat utama sistem pertahanan (alutsista) negara.

“Kekuatan alutsista dari Presiden utamakan, atau kembangkan industri perkapalan dalam negeri untuk AL, terutama dalam pembangunan kekuatan yang berupa KRI,” kata Ali.

Baca juga : KAI Kerahkan Ribuan Petugas Amankan Angkutan Nataru

Disampaikan pula olehnya, Presiden menekankan, untuk pencegahan dan penghentian praktik penyelundupan.

“Presiden juga menekankan untuk mencegah atau menghentikan kegiatan penyelundupan maupun kegiatan ilegal di laut atau lewat laut lainnya,” katanya.
 
Ali menambahkan, pihaknya akan melanjutkan kebijakan dari KSAL terdahulu Laksamana TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat Panglima TNI.

“Ya, saya pasti akan melanjutkan apa yang telah dibuatnya. Pak Yudo sudah banyak mengembangkan atau membangun kekuatan Angkatan Laut dan ini saya teruskan. Kebijakannya akan saya teruskan dan kembangkan. Kita lihat hal-hal yang belum selesai diselesaikan,” pungkasnya.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.