Dark/Light Mode

Pelecehan Seksual Marak, Transjakarta Tambah 20 Bus Pink

Hukum Dan Publikasikan Identitas Pelaku Biar Jera

Rabu, 1 Maret 2023 07:30 WIB
Bus Pink Transjakarta. (Foto: dok. Transjakarta).
Bus Pink Transjakarta. (Foto: dok. Transjakarta).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelecehan seksual di bus Transjakarta kembali terulang. Dalam sepekan, ada dua penumpang perempuan menjadi korban. Yang pertama berinisial HFS, berusia 22 tahun, dilecehkan di bus Transjakarta rute Monas-Pulogadung pada Senin (20/2) malam.

Kejadiannya, saat HFS berdiri di bus yang padat penumpang, seorang laki-laki di belakangnya menggesekkan alat kelamin ke bagian tubuh HFS. Video pengejaran pelaku bernama Mufarok (56) viral di media sosial. Mufarok kemudian ditangkap Polda Metro Jaya.

Korban kedua, perempuan di bawah umur. Korban yang tengah tertidur di bus Transjakarta rute non BRT Kampung Melayu-Tanah Abang via Cikini, dilecehkan pria yang duduk di sampingnya. Kejadian Sabtu (25/2) sekitar pukul 07.40 WIB.

Baca juga : Rangkul Masyarakat, Ahli Hukum Berikan Edukasi Konsep Dan Ide Dasar KUHP Nasional

Korban lalu melaporkan ke­jadian tersebut kepada petugas Pramusapa. Pramusapa dengan sigap mengamankan pelaku yang kemudian diserahkan ke­pada pihak berwajib ke Polres Jakarta Pusat.

Pelecehan seksual di bus Transjakarta bukan kali pertama terja­di. Pada 2022 juga marak kasus pelecehan seksual. Bahkan, kor­bannya tidak hanya perempuan. Ada juga kejadian penumpang laki-laki dilecehkan oleh penumpang laki-laki lainnya.

Sehingga pada Agustus 2022, jajaran Dinas Perhubungan DKIJakarta dan PT Transportasi Ja­karta (Transjakarta) dicecar De­wan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKIJakarta. Dewan mendesak Transjakarta menun­taskan kasus tersebut.

Baca juga : Cegah Kecelakaan, Komunitas Supir Truk Pendukung Ganjar Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

Dengan maraknya kasus pelecehan seksual, Transjakarta menambah 20 armada bus pink. Bus khusus perempuan.

Kepala Divisi Sekretaris Pe­rusahaan Transjakarta Apriastini Bakti Bugiansri mengatakan, bus pink akan dioperasikan bertahap.

Tahap pertama, 15 armada di­operasikan mulai Senin (27/2) di lima koridor. Antara lain, Koridor 2 (Pulogadung-Harmoni), Kori­dor 3 (Kalideres-Pasar Baru), Koridor 9 (Pinang ranti-Pluit), Koridor 13 (Ciledug-Tendean) dan PGC-Harmoni (5C).

Baca juga : Warga Jakarta Trauma, Hujan Bikin Banjir Dan Macet Parah

“Maret akan ada penambahan lima unit armada bus pink dengan jangkauan tujuh rute,” kata Apri, Senin (27/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.