Dark/Light Mode

Transjakarta Transcare, Siap Antar Disabilitas Sesuai Order

Selasa, 7 Juni 2022 19:00 WIB
Ilustrasi Transjakarta care mengangkut penumpang disabilitas. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Transjakarta care mengangkut penumpang disabilitas. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Transportasi Jakarta atau Transjakarta, memiliki armada khusus untuk penyandang disabilitas bernama Transcare berupa minibus yang tidak ada rute khusus.

“Unit (Transcare) ini sesuai order, mereka pesan melalui call center Transjakarta,” kata Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan Kemitraan Transjakarta Iwan Samariansyah kepada RM.id, Senin (6/6).

Baca juga : Penanganan Mafia Tanah Butuh Sinergi Antar Lembaga Negara

Iwan menuturkan, Transcare siap melayani setiap hari. Pemesanannya pun cukup mudah. Calon pengguna menghubungi call center Transjakarta dan menyebutkan titik jemput serta tujuan.

“Misalnya, ini dari komunitas disabilitas ini, kami mau memakai Transcare dari Jatinegara menuju Stasiun Senen, kita catet rutenya nanti kita gabung satu hari itu, titik-titik mana saja. Jadi terbentuknya rute berdasarkan order,” jelasnya. 

Baca juga : 105 Ponpes Siap Bentuk Badan Usaha Milik Pesantren

Seperti saat gelaran Formula E di Ancol pada Sabtu (4/6). Hari itu, Transcare melayani 18 order dari komunitas disabilitas yang ingin menyaksikan ajang balap mobil listrik tersebut. Transcare melayani disabilitas dari JIExpo Kemayoran menuju lokasi Jakarta EPrix.

"Saat Formula E sifatnya insidental, kita coba melayani dan alhamdulillah bisa terlayani juga,” ucapnya.

Baca juga : Anies-Puan Makin Riuh

Saat ini, kata Iwan, ada empat armada Transcare yang siap melayani disabilitas. Setiap unit Transcare ini diawaki tiga petugas yang terdiri dari seorang sopir dan dua petugas yang terlatih melayani penyandang disabilitas. Layanan ini merupakan bagian dari program Pemprov DKI Jakarta yang ingin menjadi kota ramah disabilitas. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.