Dark/Light Mode

Terjunkan Pelatih & Mobil Training

DKI Jemput Bola Latih Warga Jadi Pengusaha

Senin, 13 Maret 2023 07:30 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah. (Foto: Istimewa).
Anggota DPRD DKI Jakarta Farazandi Fidinansyah. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Untuk menarik minat warga, Dinas Nakertransgi DKI me­nyiagakan sembilan unit Mobil Training Unit (MTU) untuk menggelar pelatihan dengan sistem jemput bola.

Andri menjelaskan, MTU di­siapkan lengkap dengan tenaga pengajarnya. Antara lain pengajar tata busana, tata boga, tata rias, teknik pendingin, teknik sepeda motor, operator komputer, las listrik, teknik komputer, desain grafis dan teknik listrik.

“Kami memiliki 50 unit MTU dengan fasilitas lengkap sesuai dengan kejuruan pelatihan masing-masing,” katanya.

Baca juga : Ganjar Sukses Turunkan Angka Kematian Ibu dan Tingkatkan Usia Harapan Hidup Warga Jateng

Warga yang membutuhkan pelatihan, lanjutnya, bisa bersu­rat langsung kepada Dinas atau Suku Dinas Nakertransgi sesuai domisili. Jumlah peserta pelatihan minimal 10 orang dan tidak memiliki persyaratan khusus.

Sejak awal Maret 2023, Suku Dinas Nakertransgi Jakarta Barat (Jakbar) menggelar pelatihan Jakpreneur atau wirausaha mandiri. Kepala Sudin Naker­transgi Jakbar, Jackson Sitorus mengatakan, warga yang ingin mengikuti pelatihan, bisa daftar melalui online maupun offline di kantor Sudin Nakertransgi dan Satuan Pelaksana (Satpel) di tingkat kecamatan.

“Kami membuka pendaftaran bagi warga yang berminat untuk mengikuti pelatihan wirausaha mandiri tahun 2023,” ujar Jack­son Sitorus.

Baca juga : Tok! DPR Pilih Filianingsih Hendarta Jadi Deputi Gubernur BI

Sejumlah pelatihan yang akan digelar di antaranya, pembuatan kue, minuman kekinian, fesyen, kerajinan tangan dan servis pendingin ruangan atau AC.

“Total peserta yang akan direkrut untuk pelatihan Jakpreneur tahun 2023 sebanyak 800 peserta untuk lima kegiatan,” ujarnya.

Jackson Sitorus menjelaskan, pihaknya akan melakukan tahap wawancara dan pendataan ke­pada warga yang telah mendaftar untuk memastikan mereka tidak atau sudah pernah mengikuti pelatihan wirausaha lainnya yang digelar oleh organisasi perangkat kerja lainnya.

Baca juga : Relawan Mak Ganjar Dorong Agar Emak-Emak Punya Penghasilan

Nantinya, lanjut dia, peserta yang terpilih akan mengikuti pelatihan selama lima hari. Setelah mengikuti pelatihan, pe­serta akan mendapatkan bantuan peralatan usaha untuk menjadi wirausaha mandiri.

”Kami juga akan melakukan pendampingan hingga mem­bantu pelaku usaha mengajukan pinjaman modal ke perbankan,” tandasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.