Dark/Light Mode

Kepulauan Seribu Akan Jadi Kabupaten Lengkap

BPN Jakarta Utara Tercepat Penyelesaian PTSL 2023

Senin, 13 Maret 2023 21:58 WIB
Kepala kantor Pertanahan Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo (kanan). (Foto: Istimewa)
Kepala kantor Pertanahan Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo (kanan). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kendati disibukkan dengan target pekerjaan rutin, Kantor Pertanahan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu tetap mampu menjadi Kantor Pertanahan tercepat dalam menyelesaikan target kinerja di jajaran Kanwil BPN DKI Jakarta tahun 2023. Yakni dalam menyelesaikan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) 2023 yang menjadi program strategis nasional di Kementerian Agraria,Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Kepala Kantor Pertanahan Jakarta Utara Taufik Suroso Wibowo mengatakan, pihaknya terus melakukan percepatan pensertifikatan dan pemetaan bidang tanah dalam program PTSL di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu. Bahkan, pihaknya menargetkan, tahun ini Kabupaten Kepulauan Seribu yang masuk wilayah kerja BPN Jakarta Utara, akan menjadi Kabupaten Lengkap. Yaitu, seluruh bidang tanah di daerah tersebut sudah terpetakan.

“Target kami tahun ini Kepulauan Seribu menjadi Kabupaten Lengkap di Jakarta, yang seluruh bidang tanah di daerah tersebut sudah terpetakan semuanya,” terang Taufik, di Jakarta, Senin (13/3).

Ia mengatakan, PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah kelurahan atau desa untuk memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Baca juga : Ribuan Warga Kabupaten Gowa Dukung Ganjar Pranowo Maju Ke Pilpres 2024

Taufik menjelaskan, metode PTSL ini merupakan inovasi pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, seperti sandang, pangan, dan papan. “Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden Nomor 2 tahun 2018,” jelas mantan Kepala Kantor Pertanahan Surabaya ini.

Mantan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, ini menegaskan, seluruh target PTSL untuk Kantor Pertanahan Jakarta Utara plus Kepulauan Seribu akan dituntaskan pertengahan 2023 sebanyak 2.885 bidang tanah yang tersebar di beberapa kelurahan di Jakarta Utara.

Ia menjelaskan, meski baru memasuki awal Maret 2023, saat ini pihaknya sudah berhasil menyelesaikan sertifikat PTSL sebanyak 1.385 bidang dan siap diserahkan kepada masyarakat. Sisanya dalam pengumuman sebanyak 1.500 bidang. “Kami menargetkan, pertengahan tahun ini seluruh target PTSL 2023 akan selesai sebanyak 2.885 bidang,” tegas Taufik.

Taufik mengungkapkan, Kantor Pertanahan Jakarta Utara menggandeng aparat penegak hukum dan stakeholder untuk ikut mengawasi proses pelaksanaan program PTSL 2023 agar program tersebut tepat sasaran, transparan, akuntabel, dan bersih dari aksi pungli. “Kita sengaja menggandeng aparat penegak hukum dan stakeholder untuk ikut mengawasi program PTSL 2023, agar program tersebut benar benar tepat sasaran, akuntabel, transparan dan bersih dari aksi pungli, baik di lingkungan BPN maupun di daerah yang menerima program PTSL,” terangnya.

Baca juga : Mantap! Bank DKI Dinobatkan Jadi Corporate Reputation Terbaik 2023

Tidak itu saja, demi suksesnya program unggulan Kementerian ATR/BPN tersebut, dirinya ikut terjun langsung mensosialisasikan dan mengawasi jalannya program tersebut kepada masyarakat, dan melakukan koordinasi dengan lintas instansi, termasuk menandatangani pakta integritas sebagai wujud komitmen bersama dalam percepatan penyelesaian PTSL 2023 tersebut.

Dalam menuntaskan berbagai program strategis dan target yang diberikan kepada Kantah Jakarta Utara oleh Kanwil BPN DKI Jakarta, pihaknya mengajak seluruh pegawai untuk terus bersinergi bekerja secara ikhlas, berkualitas, dan tuntas, agar target yang diberikan oleh pimpinan kepada Kantah Jakarta Utara dapat terwujud dan produk yang dihasilkan juga berkualitas. “Jadi kami tidak hanya mengejar kuantitas produk, namun juga harus berkualitas, agar produk yang dihasilkan tidak timbul permasalahan di kemudian hari,” kata Taufik.

Lebih jauh, mantan Kepala Kantor Pertanahan Malang, Jawa Timur, ini menerangkan, pihaknya tidak hanya sekadar mengejar penyelesaian target PTSL dan pelayanan rutin, namun juga diiringi dengan peningkatan pelayanan Pertanahan untuk menghindari terjadinya sengketa lahan dan over lapping sertipikat tanah.

Ia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meminimalisir terjadinya sengketa kepemilikan lahan, seperti adanya dugaan sertipikat ganda. “Harusnya, dalam satu bidang tanah itu hanya ada satu sertifikat,” cetusnya.

Baca juga : PPP Kabupaten Majalengka Bakar Semangat Kadernya

Apabila terdapat sertifikat lain, maka dapat dikatakan yang satu palsu. Namun demikian, bisa saja asli namun ada indikasi cacat administrasi. Karena itu, dapat dilakukan pembatalan sertifikat yang palsu tersebut dengan melakukan penyelidikan yang ketat dan melibatkan banyak pihak terkait.

Menurutnya, untuk membuktikan sertifikat keaslian hak atas tanah tersebut, dilakukan uji meteriil dan administrasi dari bukti sertifikat yang terindikasi cacat administrasi tersebut. “Jadi sebelum membatalkan sertifikat yang terindikasi cacat administrasi, akan kita gelar uji materiil bersama dengan pihak terkait. Jika terbukti mengandung suatu kepalsuan dan indikasi pidana maka akan kita laporkan kepada aparat penegak hukum,” tegasnya.â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.