Dark/Light Mode

Ancaman Kekeringan Mengintai Ibu Kota

BPBD Waspadai Potensi DKI Kesulitan Air Bersih

Minggu, 30 April 2023 07:30 WIB
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji. (Foto: Ist).
Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji. (Foto: Ist).

 Sebelumnya 
Untuk itu, BMKG akan terus bekerja sama dengan sektor-sek­tor yang terdampak kekeringan.

“Caranya dengan memberikan informasi update reguler menge­nai perkembangan iklim maupun langkah-langkah mitigasinya,” kata dia.

Baca juga : DKI Siagakan Puluhan Truk Tangki Air Untuk Atasi Potensi Krisis Air Bersih

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Ja­karta Gilbert Simanjuntak menye­but, cuaca panas di Jakarta bakal semakin panas dalam beberapa hari mendatang. Terutama ketika para pemudik sudah kembali dan aktivi­tas warga mulai normal seperti biasa.

“Hal itu terjadi karena panas terperangkap oleh awan polusi,” kata Gilbert dalam keterangannya.

Baca juga : Dirut PLN: Sistem Kelistrikan Aman, Pasokan Terjaga

Terlebih, lanjutnya, ketika ter­jadi kemacetan di jalan. Kondisi Jakarta akan bertambah panas. Karena itu, kondiri itu harus segera diantisipasi. Salah satu caranya bisa dengan segera mengoperasikan Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek.

“Light Rapid Transit sudah ada jalurnya, akan tetapi kok proyek terlihat mandek tanpa kemajuan beberapa bulan ini,” ujar politisi PDIP ini.

Baca juga : OJK Bakal Persempit Gerakan Pinjol Ilegal

Selain mengoperasikan LRT, untuk mengurangi pemanasan di Ibu Kota, Gilbert berharap ada kebijakan pembatasan mo­bil yang masuk ke Jakarta dari daerah sekitar. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.