Dark/Light Mode

Anak Jokowi Berbisnis, Anak Maruf Berpolitik

Senin, 2 September 2019 08:57 WIB
Putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming (kiri) dan Putri dari Capres terpilih KH Maruf Amin, Siti Nur Azizah. (Foto: Istimewa).
Putra pertama Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming (kiri) dan Putri dari Capres terpilih KH Maruf Amin, Siti Nur Azizah. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Pada April 2019, Kaesang ekspansi bisnis ke usaha minuman kopi dalam kemasan bo tol dengan nama Ternakopi. Meski ter bilang baru, bisnis kopi dingin ini sudah punya 12 gerai.

Dari berbagai usahanya itu, Sang Pisang yang sepertinya diandalkan. Kini, gerainya sudah tersebar di kota-kota besar. Kemarin, Kaesang membuka cabang Sang Pisang ke-75 di Jember, Jawa Timur.

Meski tidak massif memasang iklan, rencana kedatangan Kaesang ini sudah tersebar luas di publik Jember. Tak pelak, meski gerai untuk publik baru dibuka sekitar pukul 2 siang, banyak pelanggan yang mengantre sejak pagi.

Kepada wartawan, Kaesang mengaku serius memilih jalur entrepreneur dengan berbagai risikonya. Dia mengakui, bisnis Bobby Nasution, mantu Jokowi, juga punya bisnis di bidang kuliner dan properti.

Baca juga : Bamsoet Dukung Jokowi Berdaulat Pilih Menteri

Di bidang kuliner, Bobby punya beberapa kedai kopi dengan nama Veteran Cafe dan Kopi Jolo. Sebelumnya, Bobby juga memiliki pengalaman di bidang properti. Bobby tergabung dalam perusahaan properti besar di Indonesia bernama Takke Group pada November 2016.

Bobby juga diketahui menjadi kontraktor untuk perumnas atau perumahan rakyat. Salah satu perumahan yang dibangun Bobby berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi.

Sampai sekarang, anak-anak Jokowi ini masih serius merintis usaha. Belum ada yang tergoda terjun ke dunia politik.

Awal bulan lalu, sebenarnya sudah ada yang mengelus-elus Gibran dan Kaesang untuk maju di Pilkada Kota Solo yang akan digelar tahun 2020.

Baca juga : Jokowi dan JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Bamsoet

Sebuah lembaga survei menyebut, dua anak Jokowi itu punya elektabilitas tinggi. Namun keduanya sepertinya tak tertarik. Jokowi sendiri sebenarnya sudah membuka restu, menyerahkan sepenuhnya kepada anak-anaknya.

Berbeda dengan anak-anak Jokowi, anak-anak Kiai Ma’ruf tengah santer di sebut masuk dunia politik. Setidaknya ada dua. Mereka adalah Syauqi Ma’ruf dan Siti Nur Azizah.

Syauqi atau biasa di sapa Gus Syauqi jadi sorotan setelah masuk kepengurusan DPP PKB periode 2019-2024. Dia menjabat sebagai ketua bidang kebudayaan dan masyarakat adat.

Waketum PKB, Ida Fauziyah, mengungkapkan, pemilihan nama-nama yang mengisi kepengurusan sangat mempertimbangkan proses kaderisasi di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU).

Baca juga : Jokowi Butuh Kabinet Akomodatif

Syauqi dipilih karena anak Ma’ruf Amin. Selain itu, Syauqi dianggap telah berkiprah dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Sementara Siti Nur Azizah digadang-gadang menjadi calon wali kota Tangerang Selatan.

Azizah ini menjadi perbincangan setelah salah satu selebriti ternama di Tanah Air, Raffi Ahmad, mengunggah foto istrinya, Nagita Slavina, bersama Azizah disertai caption yang menunjukkan bahwa putri Ma’ruf Amin tersebut benar-benar maju pada Pilkada Tangsel.  [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.