Dark/Light Mode

LRT Jabodebek Layani Penumpang Bulan Ini

Dukuh Atas-Jatimulya Cuma Butuh 39 Menit

Sabtu, 1 Juli 2023 07:30 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan) bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau Depo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/6). (Foto: Ist)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan) bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau Depo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/6). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Waktu perjalanan dari Kota Bekasi ke Jakarta Pusat, makin singkat dengan kehadiran Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek). Hasil uji coba, perjalanan dari Dukuh Atas ke Jatimulya Bekasi, hanya menghabiskan waktu 39 menit.

Pada Rabu (28/6), Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi (BKS) dan Penja­bat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat. Bersama rombongan, keduanya menaiki kereta LRT Jabodebek dari Sta­siun Dukuh Atas kemudian turun di Stasiun Jatimulya.

Setelah itu, BKS dan Heru melanjutkan perjalanan ke Sta­siun Halim Perdanakusumah.

BKS mengaku puas dengan hasil uji coba LRT. Waktu tempuh dari Stasiun Dukuh Atas ke Sta­siun Jatimulya hanya 39 menit.

Baca juga : Luhut: Nyaman Dan Luar Biasa Cepat, Jakarta-Bandung Cuma 45 Menit

“Artinya, kalau dibandingkan dengan perjalanan normal, meski menggunakan tol sekalipun, bisa menghabiskan waktu dua jam. Berarti ini memangkas waktu menjadi sepertiganya. Ini angka yang signifikan,” kata BKS.

BKS menyebut, LRT Jabode­bek mampu mengangkut sekitar 500 ribu penumpang per hari. Dengan begitu, transportasi berbasis rel, kapasitas Kereta Rel Listrik (KRL) dan LRT Jabode­bek dapat mengangkut sebanyak 1,7 juta penumpang per hari.

“Insya Allah ini mendekati 50 persen total perjalanan. Tentu ini akan membawa manfaat untuk semuanya,” katanya.

Lebih detail, BKS menerangkan, LRT Jabodebek akan dioperasikan tanpa masinis atau driverless.

Baca juga : Bandara Komodo Layani Penerbangan Internasional Selama KTT ASEAN

Proyek ini, lanjut BKS, merupakan amanah dari Presi­den Jokowi untuk memasti­kan konektivitas transportasi. Presiden ingin biaya mobilitas masyarakat semakin murah dan pengguna kendaraan pribadi menurun.

“Menggunakan LRT, kita dapat memperoleh perjalanan menjadi cepat, tidak macet dan tidak berpolusi,” jelas BKS.

BKS menerangkan, uji coba pengoperasian LRT Jabodebek akan dimulai tanggal 12 Juli 2023 hingga 18 Agustus 2023. Selama uji coba, masyarakat bisa menikmati LRT Jabodebek dengan tarif Rp 1 per penumpang.

Pj Gubernur Heru yakin LRT Jabodebek bermanfaat untuk masyarakat, khususnya masyarakat Bekasi dan sekitarnya yang bekerja di Jakarta.

Baca juga : Mudik Lebaran, Penumpang Pelni Diprediksi Melonjak 125 Persen

“Masyarakat bisa mengguna­kan LRT sampai dengan Dukuh Atas, begitu juga sebaliknya dari Dukuh Atas sampai ke Bekasi dan Sukaraja,” ujar Heru.

Heru menuturkan, LRT Jabodebek merupakan hasil karya anak bangsa. Moda transportasi ini akan diresmikan oleh Presi­den Jokowi pada 18 Agustus mendatang.

“Kami berharap LRT da­pat kita rawat bersama,” harap Heru.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.