Dark/Light Mode

LRT Jabodebek Layani Penumpang Bulan Ini

Dukuh Atas-Jatimulya Cuma Butuh 39 Menit

Sabtu, 1 Juli 2023 07:30 WIB
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan) bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau Depo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/6). (Foto: Ist)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (depan) bersama Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meninjau Depo Light Rail Transit (LRT) Jabodebek di Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (28/6). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Proses Kalibrasi

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Risal Wasal me­nyampaikan, kemajuan pembangunan LRT Jabodebek hingga Kamis (29/6), sudah mencapai 95,09 persen.

“Sisa pekerjaan yang perlu diselesaikan adalah kalibrasi sistem operasi. Selain pembangunan fisik, Kemenhub sedang berusaha agar segala perizinan segera selesai,” kata Risal.

Jika semua berjalan lancar, pengoperasian perdana atau soft launching LRT Jabodebek dapat dilakukan pada Agustus 2023.

Baca juga : Luhut: Nyaman Dan Luar Biasa Cepat, Jakarta-Bandung Cuma 45 Menit

Selain persiapan operasional LRT Jabodebek, lanjutnya, saat ini pihaknya tengah melaku­kan proses integrasi antarmoda transportasi lainnya. Hal ini di­lakukan untuk memastikan kesi­nambungan dan keterhubungan antara moda transportasi.

“Integrasi antarmoda meru­pakan salah satu aspek penting yang harus disiapkan sebelum dioperasikan,” kata Risal.

Moda transportasi lain yang direncanakan terintegrasi dengan LRT Jabodebek meliputi Transjakarta, bus kota, KRL, MRT, Jaklingko, dan angkot.

Khusus untuk Stasiun LRT Halim, Risal memastikan bah­wa stasiun ini akan terhubung dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KJCB) serta moda lainnya seperti TransJakarta, RoyalTrans, taksi, dan travel yang telah disiapkan tempat pemberhentian khusus.

Baca juga : Bandara Komodo Layani Penerbangan Internasional Selama KTT ASEAN

Dengan persiapan ini, Ke­menhub berharap bahwa LRT Jabodebek dapat beroperasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Daftar Via Medsos

Kepala Divisi LRT Jakarta AI Mochamad Purnomosidi menyampaikan, LRT Jabodebek akan melakukan uji coba pada 12 Juli hingga 17 Agustus 2023 mendatang.

Untuk masyarakat yang ingin menaiki LRT dengan tarif Rp 1, bisa mendaftar melalui akun sosial media LRT Jabodebek.

Baca juga : Mudik Lebaran, Penumpang Pelni Diprediksi Melonjak 125 Persen

“Kemungkinan tanggal 1 Juli pendaftaran sudah mulai dibuka. Kami lagi menyusun skemanya,” kata Purnomosidi kepada awak media di Sta­siun LRT Dukuh Atas, Jakarta, Rabu (28/6).

Soal tarif, Purnomosidi menyebut, jarak terjauh akan ditetapkan sebesar Rp 15.000 per penumpang dari sebelumnya Rp 12.000.

Selama uji coba berlangsung, lanjut Purnomosidi, kuota penumpang LRT Jabodebek akan dibatasi. Nantinya, LRT Jabode­bek hanya akan mengangkut sebanyak 150 sampai 200 orang penumpang per hari.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.