Dark/Light Mode

Twitter Banjir Airmata, Warga Biasa Sampai Selebtwit Berduka Ditinggal Habibie

Rabu, 11 September 2019 23:21 WIB
Presiden ke-3 RI, BJ Habibie tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Istimewa)
Presiden ke-3 RI, BJ Habibie tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie tutup usia. Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, dalam usia 83 tahun. Warganet pun berduka. Jagat Twitter banjir airmata.

Hampir semua trending topic di platform media sosial berlambang burung biru itu berisi ucapan duka untuk Habibie. Tanda pagar #BJHabibie #BJHabibieWafat #RIPHabibie dan kata kunci terkait seperti Eyang Habibie, Ibu Ainun, Mr Crack, Innalillahi dan sejenisnya memenuhi urutan trending topic dari puncak hingga dasar.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu berpulang ke hadirat Yang Maha Kuasa di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Selama menjalani perawatan intensif di RSPAD sejak 1 September lalu, keluarga dekat senantiasa mendampingi suami mendiang Hasri Ainun Habibie. 

Baca juga : Lifter Yunior Bisa Nimba Ilmu di Event Internasional

Begitu mendengar Habibie wafat, Presiden Jokowi langsung bergegas melayat ke RSPAD. Sekitar pukul 18.10 WIB, Jokowi datang didampingi istrinya, Iriana, dan putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka.

Warganet, mulai dari kalangan biasa hingga selebtwit, mengucapkan duka cita dengan cara mereka sendiri. Ada yang mengenang kepandaiannya. Ada pula yang memuji kesetiaannya kepada sang istri, Hasri Ainun Habibie, yang lebih dulu wafat pada 22 Mei 2010.

Aktivis Nahdlatul Ulama (NU), Nadirsyah Husein lewat akunnya @na_dirs memberi ucapan perpisahan yang menyentuh hati. "Caranya bicara. Binar matanya. Gerak tubuhnya. Ada gagasan yang terus berpijar. Ada energi yg terus melimpah. Buat bangsa ini. Sesuai sumpahnya dulu. Dan ada cinta yang tak pernah padam, yang kini akan bersua kembali. Met jalan Pak Habibie. Selamat jumpa kembali dengan Ibu Ainun," kicaunya.

Senada, kicauan tweeps @fafabdg juga bikin terenyuh. "Pak Habibie: "Sekarang aku tidak lagi takut mati, karena ada Ainun menungguku di sana." Selamat jalan Pak Habibie  #BJHABIBIE," cuitnya.

Baca juga : Lampard Sewot Kante Dipanggil Timnas

Kolumnis Gunawan Mohammad melalui akun resminya @gm_gm menyanjung Habibie, yang telah membuka era Demokrasi negeri ini. "Ruhe, bitte in Frieden, Pak Habibie. Anda meninggalkan kami. Kami tak akan lupa: tak disangka-sangka tanah air telah anda buka ke jalan demokrasi," tulisnya, disambut akun @pangeransiahaan. "Pers dan media massa Indonesia dimerdekakan di era Presiden BJ Habibie. Terima kasih dan selamat jalan, Pak Habibie".

Sementara @tunggalp menimpali. "Pak Habibie. Selamat jalan pak. Jasamu besar bagi kami perempuan Indonesia. Terima kasih telah mau mendengarkan permintaan gerakan perempuan tahun 1998 dan mendukung lahirnya Komnas Perempuan. Tunduk hormat".

Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan menyampaikan duka citanya, sembari mengingat kecerdasan Sang Guru Bangsa, yang selama ini menjadi cita-cita sebagian besar anak Indonesia.

"Jutaan anak tumbuh dengan nasihat dari orangtuanya, Belajar yang rajin, biar kalau besar nanti kamu pintar seperti Pak Habibie. Pak Habibie, Sang Guru Bangsa, telah berpulang, tapi inspirasinya tetap hidup. Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. #ABW," kicau Anies.

Baca juga : Malang Gempa, Getarannya Terasa Sampai Trenggalek

@sandiuno pun setali tiga uang. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita atas wafatnya Presiden RI ke-3, Bapak B.J Habibie. Mari kita semua berdoa semoga Allah memberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan. Aamiin ya rabbal alamin," tuturnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.