Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Warga Ibu Kota Ngeluh Polusi Makin Buruk

Bodetabek Penyumbang Emisi Terbesar Di Jakarta

Kamis, 10 Agustus 2023 07:30 WIB
Gedung-gedung bertingkat di Ibu Kota Jakarta tampak diselimuti kabutpolusi, Minggu (30/7). Polusi udara sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa mengakibatkan penyakit pernafasan. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM)
Gedung-gedung bertingkat di Ibu Kota Jakarta tampak diselimuti kabutpolusi, Minggu (30/7). Polusi udara sangat berbahaya untuk kesehatan dan bisa mengakibatkan penyakit pernafasan. (Foto: Patrarizki Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Saat ini, Pemprov DKI Ja­karta bersinergi dengan berbagai pihak dalam mengendalikan kualitas udara. Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta ber­sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melatih teknisi petugas uji emisi Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Ban­ten, selama Agustus hingga November 2023. Nanti teknisi yang sudah bersertifikasi khusus akan melaksanakan uji emisi di wilayahnya masing-masing.

Kepala Dinas LH DKI Ja­karta Asep Kuswanto menga­takan, pelatihan ini merupakan momentum sinergi pemangku kebijakan untuk menanggu­langi polusi udara. Terutama di Jabodetabek.

Asep menyebut, Dinas LH DKI Jakarta siap memberikan pelatihan karena sumber daya dan fasilitas yang dimiliki sudah lengkap. Pelatihan ini dilaksana­kan di masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Banten, dengan mendatangkan narasumber dan alat uji dari Dinas LH DKI Jakarta.

Baca juga : Wanita Nelayan Ganjar Bantu Pengembangan Produk Ikan Asin Di Pangandaran

“Kami melaksanakan uji emisi secara rutin di Jakarta sesuai Pergub Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor,” ungkapnya.

Asep menambahkan, Dinas LH DKI juga memiliki instruk­tur penguji emisi yang berpengalaman.

“Pada uji emisi akbar yang dilaksanakan Juni 2023 lalu, petu­gas kami berhasil menguji 414 mobil dan 718 sepeda motor di Jakarta dalam sehari,” tuturnya.

Baca juga : Gandeng China Huadian, Bukit Asam (PTBA) Kembangkan Energi Terbarukan

Dari pengalaman tersebut, lan­jut Asep, pihaknya siap bersinergi untuk mewujudkan kualitas udara yang lebih baik di kabupaten/kota di Jawa Barat dan Banten.

“Mengingat pencemaran udara tidak ada batas wilayah adminis­tratif, maka peran daerah satelit sangat signifikan,” ujar Asep.

Direktur Pengendalian Pence­maran Udara KLHK Luckmi Purwandari menjelaskan, pelatihan ini untuk mempercepat perluasan jangkauan uji emisi.

Baca juga : Pecat Cinta Mega, PDIP DKI Pede Tetap Menang Pemilu Di Jakarta

“Percepatan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor ini merupa­kan strategi pengendalian pence­maran udara bersama di wilayah Jabodetabek,” kata Luckmi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.