Dark/Light Mode

Jadi Venue Piala Dunia U-17

Perbaikan Akses Dan Rumput JIS Dikebut

Jumat, 11 Agustus 2023 07:30 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memakai batik saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan ajang Piala Dunia U-17 di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu (9/8). (Foto: Ist)
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memakai batik saat menghadiri rapat koordinasi (rakor) membahas persiapan ajang Piala Dunia U-17 di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Rabu (9/8). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Ketua Umum PSSI Erick Tho­hir mengungkapkan, pada 2 Juli 2023, perwakilan FIFA telah meninjau langsung empat stadion di Indonesia. Yakni, JIS (Jakarta Utara), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Sura­baya) dan Manahan (Solo). Dari hasil peninjauan sudah disepakati, pembukaan akan digelar di JIS dan penutupan di Manahan.

Dari tinjauan tersebut juga disepakati, Jakarta dan Bandung akan menggelar pertandingan dua grup. Sedangkan Solo dan Surabaya, masing-masing satu grup. Sehingga FIFA menyarankan penambahan lapangan latihan untuk di Jakarta dan Bandung.

“Kami usulkan untuk Ja­karta, latihan menggunakan lapangan di GOR Soemantri Brodjonegoro (Jakarta Selatan) dan Lapangan Banteng (Jakarta Pusat),” kata Erick.

Baca juga : Gandeng KLHK, KSP Gaungkan Perhutanan Sosial Di Sumut

Erick menekankan perlunya kerja sama yang solid antara Pemerintah Pusat dan Daerah untuk mendukung kesuksesan perhelatan tersebut.

“Pak Menpora sekarang se­dang mendorong bagaimana percepatan Instruksi Presiden (Inpres) dan Keputusan Presiden (Keppres) untuk mendukung Piala Dunia U-17,” lanjutnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelas­kan, alokasi anggaran untuk renovasi stadion utama dan stadion pendukung mencapai Rp 100 miliar.

Baca juga : Ketua KPK: Kami Pertahankan Asep Guntur Jabat Dirdik

“Hanya renovasi saja, kira-kira tidak lebih dari Rp 100 miliar. Alhamdulillah, perbaikan rumput Si Jalak Harupat sudah selesai. Untuk Stadion Manahan dan Gelora Bung Tomo sudah oke. Tapi, lapangan parkirnya harus diaspal lagi,” jelas Basuki.

Untuk JIS, Basuki menyebut Kementerian PUPR akan fokus membangun Jembatan Penye­berangan Orang (JPO) dari kawasan Ancol menuju JIS.

“Panjang JPO 430 meter dengan lebar lima meter. Diper­kirakan menghabiskan ang­garan sekitar Rp 80 miliar,” imbuhnya.

Baca juga : JIS Jadi Venue Piala Dunia U17, PSSI Siap Jalankan Rekomendasi FIFA

Sedangkan, Menpora Dito me­nyampaikan, Keppres dan Inpres terkait penyelenggaraan Piala Dunia U-17 masih digodok.

“Kemenpora akan proaktif agar persiapan Piala Dunia U-17 lebih optimal dan matang,” kata Dito.

Mengenai kesiapan Timnas U-17, Dito menilai, progresnya cukup baik. “PSSI nanti akan menyiapkan laporan selanjut­nya,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.