Dark/Light Mode

Atasi Polusi Udara, Wapres Minta Masyarakat Naik Kendaraan Umum

Senin, 14 Agustus 2023 15:36 WIB
Atasi Polusi Udara, Wapres Minta Masyarakat Naik Kendaraan Umum

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menegaskan komitmen serius pemerintah dalam menangani polusi udara di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Diantaranya dengan mendorong masyarakat untuk lebih banyak menggunakan transportasi umum dan kendaraan listrik.

"Saya kira pemerintah memang serius ya untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek ini. Selain (mendorong) supaya banyak menggunakan kendaraan umum, dan mendorong masyarakat agar menggunakan kendaraan listrik," kata Wapres kepada wartawan di Jakarta, dilansir Antara, Senin (14/8).

Baca juga : Jokowi Gercep Atasi Polusi Udara, Minta Rekayasa Cuaca Hingga Terapkan WFH

Lebih lanjut, Wapres menjelaskan bahwa pemerintah juga telah merancang ruang-ruang terbuka hijau untuk mereduksi polusi dari kendaraan bermotor. Karena kendaraan dinilai berkonstribusi paling besar terhadap polusi.

Presiden Jokowi pada Senin (14/8) telah mengadakan rapat terbatas (ratas) untuk membahas secara khusus permasalahan polusi udara di wilayah Jabodetabek.

Baca juga : Heru Budi Minta PNS DKI WFH 50:50, Kendaraan 2.400 Cc Wajib Pertamax Turbo

Dalam rapat tersebut, Jokowi menekankan perlunya menerapkan sistem kerja hibrida guna mengurangi dampak polusi udara yang semakin parah di Jabodetabek.

"Kita harus berani mendorong banyak kantor melaksanakan hybrid working, work from office, work from home mungkin. Saya tidak tahu nanti dari kesepakatan di rapat terbatas ini, apakah (jam kerja) 7-5, 2-5, atau angka yang lain," kata Jokowi, Senin (14/8).

Baca juga : Kalau Anies Batal Nyapres, Amien Rais Bakal Balik Ke Prabowo

Ia menegaskan bahwa kualitas udara di wilayah Jabodetabek dalam satu minggu terakhir sangat mengkhawatirkan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.