Dark/Light Mode

Tekan Polusi Udara Di Ibu Kota

Pelajar Diajak Naik Bus Sekolah Gratis

Jumat, 25 Agustus 2023 07:30 WIB
Sejumlah pelajar memilih naik bus sekolah gratis. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melayani pelajar dengan dua tipe bus. Yakni, bus ukuran sedang dengan kapasitas 30 tempat duduk dan bus ukuran kecil dengan kapasitas 19 tempat duduk. (Foto: Ist)
Sejumlah pelajar memilih naik bus sekolah gratis. Dinas Perhubungan DKI Jakarta melayani pelajar dengan dua tipe bus. Yakni, bus ukuran sedang dengan kapasitas 30 tempat duduk dan bus ukuran kecil dengan kapasitas 19 tempat duduk. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Bus sekolah memiliki dua jenis rute yaitu, rute reguler dengan 28 jalur dan rute zonasi dengan 13 jalur. Bus sekolah beroperasi setiap hari kerja yaitu Senin-Jumat yang dibagi dalam tiga shift. Shift pertama beroperasi pukul 05.30-07.00 WIB, kedua pukul 11.00-16.00 WIB dan ketiga pukul 17.00-18.30 WIB.

Penggunaan angkutan umum di Jakarta masih terbilang ren­dah. Berdasarkan data Pemprov DKI Jakarta, pada 2019 peng­guna angkutan umum di Jakarta hanya mencapai 21,7 persen.

Baca juga : Andalkan Biogas, Warga Desa Mundu di Klaten Tak Panik Saat Elpiji Langka

Rinciannya, sebanyak 5.735.712 penumpang melakukan perjalan­an dengan angkutan umum dari total seluruh perjalanan warga di Ibu Kota mencapai 26.424.851. Sisanya, sebanyak 20.689.139 atau 78,3 persen memilih memba­wa kendaraan pribadi di Jakarta.

Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran), Deddy Herlambang memastikan target pengguna angkutan umum belum tercapai.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Minta Ini Ke Industri

Berdasarkan dokumen Ren­cana Induk Transportasi Jabo­detabek sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 5 tahun 2018, disebutkan angkutan umum perkotaan harus diisi 60 persen dari total pergerakan orang pada 2030.

“Sekarang masih jauh dari target 60 persen. Makanya jalanan tambah macet karena mobil dan motor tambah banyak,” katanya.

Baca juga : Cek Kualitas Udara Jakarta Di Sore Hari, Apakah Membaik Setelah WFH Hari Pertama?

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 25/8/2023 dengan judul Tekan Polusi Udara Di Ibu Kota, Pelajar Diajak Naik Bus Sekolah Gratis

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.