Dark/Light Mode

Pj. Gubernur Heru Ajak Pasukan Pelangi Jajal LRT Jabodebek

Jumat, 25 Agustus 2023 15:02 WIB
Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengecek kesiapan operasional sekaligus menyosialisasikan kepada jajarannya untuk menggunakan LRT sebagai pilihan transportasi umum baru. (Foto:Ist)
Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengecek kesiapan operasional sekaligus menyosialisasikan kepada jajarannya untuk menggunakan LRT sebagai pilihan transportasi umum baru. (Foto:Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang peresmian Light Rail Transit (LRT) Jabodebek oleh Presiden RI Joko Widodo pada 28 Agustus 2023 mendatang, Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengecek kesiapan operasional sekaligus menyosialisasikan kepada jajarannya untuk menggunakan LRT sebagai pilihan transportasi umum baru.

Baca juga : Gubernur Sulteng Ngadep Mahfud, Jelaskan Pemenuhan Hak Korban 65

Bersama perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, lurah, hingga pasukan pelangi (Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota) Pemprov DKI Jakarta, Pj. Gubernur Heru menaiki LRT Jabodebek dari Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan, menuju Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi, Jumat (25/8).

"Beserta teman-teman camat dan lurah, termasuk juga saya mengajak PPSU supaya tahu kalau LRT Jabodebek sudah berjalan, mereka bisa bekerja menggunakan transportasi umum, antara lain LRT," kata Pj. Gubernur Heru.

Menurut Pj. Gubernur Heru, sambil menjajal LRT, ia juga ingin mengecek ketepatan waktu perjalanan dan sejumlah hal teknis yang pernah mendapat sorotan dari Presiden Jokowi saat menjajal  LRT, di antaranya ketepatan buka tutup pintu kereta dengan gerbang di peron.

"Kita mau mengecek ketepatan waktu perjalanan LRT Jabodebek, tentunya kita juga mau sosialisasi bahwa LRT ini akan segera beroperasi. Kemudian, ada koreksi dari Presiden Jokowi terkait buka tutup pintu kereta yang kurang pas. Kemarin diuji coba oleh Menhub cukup bagus. Waktu perjalanannya juga cukup bagus," ujar Pj. Gubernur Heru.

Terkait integrasi transportasi di sekitar stasiun LRT Jabodebek, Pj. Gubernur Heru menerangkan, Pemprov DKI telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menyediakan feeder (bus pengumpan). Sehingga warga dapat lebih mudah mengakses perjalanan ke stasiun LRT Jabodebek terdekat.

"Saya sudah perintahkan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI segera berkoordinasi dengan Dishub di Bekasi dan Bogor agar bisa menyediakan feeder. Saya minta di Bekasi bisa 10 bus feeder, di Bogor disesuaikan dengan permintaan Wali Kotanya berapa," terang Pj. Gubernur Heru.

Bertepatan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023 di Jakarta, Pj. Gubernur Heru juga mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan transportasi LRT Jabodebek ini sebagai alternatif dalam bermobilitas. "Khususnya dalam rangka KTT ASEAN di tanggal 4-7 September, Pemprov DKI bisa turut serta membantu, karena nanti kan ada buka tutup. Sehingga yang masih ingin beraktivitas ke Jakarta untuk bekerja atau berbisnis, bisa menggunakan transportasi LRT ini. Karena itu, Pemprov DKI bantu penyediaan feeder," jelas Pj. Gubernur Heru.

Setelah menikmati perjalanan dari Stasiun LRT Dukuh Atas hingga Stasiun LRT Jatimulya, Pj. Gubernur Heru mengungkapkan rasa senangnya karena perjalanan menggunakan kereta LRT Jobodebek berjalan mulus. "Jalannya LRT Jabodebek sudah bagus dan mulus. Tidak ada catatan dan koreksi, sudah bagus. Buka tutup pintu kereta dengan gate peron juga sudah sama. Sudah bagus semua," tegas Pj. Gubernur Heru.

Turut hadir Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainnah, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Satriyadi Gunawan, Direktur Keselamatan dan Keamanan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Sandry Pasambuna, dan Kepala Divisi LRT Jabodebek dari PT KAI Mochamad Purnomosidi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.