Dark/Light Mode

Resmi Beroperasi 28 Agustus, LRT Jabodebek Bebas Macet Dan Ramah Disabilitas

Sabtu, 26 Agustus 2023 15:47 WIB
LRT Jabodebek diagendakan resmi beroperasi pada Senin 28 Agustus 2023. (Foto: Humas KAI)
LRT Jabodebek diagendakan resmi beroperasi pada Senin 28 Agustus 2023. (Foto: Humas KAI)

RM.id  Rakyat Merdeka - LRT Jabodebek diagendakan mulai beroperasi pada Senin, 28 Agustus 2023.

Kereta tanpa masinis ini melintasi 18 stasiun, yang berada di lokasi strategis. Mulai dari kawasan perumahan, hingga kawasan bisnis. 

Yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

“LRT Jabodebek ini akan memudahkan para penglaju bertransportasi, dari dan menuju Ibu Kota atau wilayah lainnya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Tipe Stasiun LRT

Joni menjelaskan, stasiun LRT terdiri dari 2 tipe, yang dibedakan dari jumlah jalur, luas stasiun, dan fasilitas tambahan yang ada di dalamnya. Berikut rinciannya:

1Interchange Station

Baca juga : Siap Beroperasi 28 Agustus, Pintu LRT Jabodebek Sudah Pas Dengan Gate Stasiun

Yang termasuk tipe interchange station adalah Stasiun Cawang.

Interchange station terdiri dari 3 lantai. Lantai 1 merupakan area boarding dan komersial, lantai 2 area peron, dan lantai 3 adalah area komersial.

"Stasiun Cawang menjadi interchange station, karena merupakan stasiun persimpangan atau stasiun transit. Pelanggan dari Stasiun Harjamukti yang ingin menuju ke arah Stasiun Jatimulya, dapat berhenti dulu di Stasiun Cawang, dan berganti kereta tujuan Stasiun Jatimulya. Ini berlaku sebaliknya," jelas Joni.

2. Typical Station

Yang termasuk typical station adalah 17 stasiun LRT selain Stasiun Cawang. Yakni Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Typical station terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 merupakan area boarding, dan lantai 2 area peron.

Fasilitas Stasiun LRT

Baca juga : Uji Coba Operasional LRT Jabodebek Dihentikan Sementara, Lho Kenapa?

Untuk menunjang kenyamanan para pelanggan saat berada di stasiun, stasiun LRT Jabodebek dilengkapi dengan fasilitas akses berupa eskalator, tangga, dan lift, toilet, ruang menyusui, mushola, dan ruang kesehatan.

Selain itu, juga ada passenger information display system (PIDS), passenger announcement, dan CCTV.

Pemerintah dan KAI juga berupaya menghadirkan stasiun LRT Jabodebek yang ramah disabilitas dengan menghadirkan lift, gate, toilet khusus disabilitas serta tactile tile atau ubin penunjuk jalan bagi tuna netra.

"Hadirnya fasilitas tersebut, diharapkan dapat mempermudah pelanggan disabilitas, dalam melakukan mobilitas menggunakan LRT Jabodebek,” tutur Joni.

Untuk mengoptimalkan layanan di stasiun, KAI juga sudah menyiapkan petugas yang siap sedia untuk melayani pelanggan.

Petugas tersebut meliputi Pengawas Stasiun, petugas loket, passenger service, cleaning service, petugas kesehatan, dan security.

Baca juga : BUMN Patok 2 Juta WNI Tak Berobat Lagi Ke LN

Dari sisi akses stasiun, stasiun LRT Jabodebek memiliki keunggulan karena akan terintegrasi dengan berbagai moda transportasi umum.

Stasiun Dukuh Atas, misalnya. Lokasinya berada di dekat Stasiun KRL Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas BNI, Stasiun KA Bandara BNI City, Halte Transjakarta, serta berbagai moda transportasi lainnya.

Sementara Stasiun Halim, terintegrasi dengan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung, serta dekat dengan Bandara Internasional Halim Perdanakusumah.

“Letak stasiun-stasiun LRT Jabodebek, tidak jauh dari titik moda transportasi umum lainnya. Sehingga, akan memudahkan pelanggan yang menggunakan transportasi umum lanjutan,” tutup Joni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.