Dark/Light Mode

Uji Emisi Kendaraan Gratis Laris Manis

Minggu, 27 Agustus 2023 07:30 WIB
Ketua DPRD DKI Jakarta Pra­setyo Edi Marsudi. (Foto: Facebook Prasetyo Edi Marsudi)
Ketua DPRD DKI Jakarta Pra­setyo Edi Marsudi. (Foto: Facebook Prasetyo Edi Marsudi)

 Sebelumnya 
“Semoga ini bisa jadi percon­tohan. Mungkin di kantor-kantor pemerintahan juga melakukan uji emisi gratis,” imbuhnya.

Pras mengatakan, setiap ken­daraan yang masuk dan parkir di DPRD DKI Jakarta harus lulus uji emisi.

“Orang yang masuk ke kan­tor DPRD harus uji emisi dulu, kalau enggak, ya tidak boleh masuk motor atau mobilnya,” ungkapnya.

Baca juga : NU Dan Konbes Akan Gelar Munas Bahas Masalah Bangsa

Pelaksana Tugas (Plt) Sek­retaris DPRD DKI Augustinus menjelaskan uji emisi yang dilaksanakan selama tiga hari ini merupakan kerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI.

Selain di Kebon Sirih, uji emisi gratis digelar Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan­an (KLHK) di Gedung KLHK di Jakan Gatot Subroto dan Jalan Di Panjaitan. Layanan uji emisi ini juga diserbu pengendara.

Satgas Uji Emisi

Baca juga : Atasi Polusi Udara, Wapres Minta Uji Emisi Kendaraan Digencarkan

Dinas Lingkungan Hidup Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Komando Garnisun Tetap I/Jakarta mem­bentuk Satuan Tugas (Satgas) Uji Emisi yang untuk melaku­kan razia kendaraan bermotor di Jakarta.

Razia akan dilaksanakan mu­lai 1 September 2023. Razia ini merupakan penegakkan hukum Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Per­aturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Kepala Dinas LH DKI Asep Kuswanto mengatakan, razia ini adalah salah satu upaya Pemprov DKI dalam mengurangi polusi udara secara signifikan.

Baca juga : Pertamina Perkuat Kerja Sama Strategis Di Mozambik

“Setelah kami menggalakan uji emisi di internal kami dan semuanya sudah melaksanakan. Kita mulai bergegas untuk menggalakkan ini kepada se­luruh masyarakat Jakarta agar emisi dari sumber bergerak ini dapat dikendalikan,” kata Asep, Kamis (24/8).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.