Dark/Light Mode

Atasi Polusi Udara, Wapres Minta Uji Emisi Kendaraan Digencarkan

Sabtu, 26 Agustus 2023 20:11 WIB
Wapres Maruf Amin mendujung Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelar uji emisi kendaraan atasi polusi udara, Sabtu (26/8).
Wapres Maruf Amin mendujung Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta menggelar uji emisi kendaraan atasi polusi udara, Sabtu (26/8).

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendukung penuh uji emisi kendaraan bermotor yang digiatkan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dapat terus dilakukan, karena hingga saat ini belum seluruh kendaraan melakukan uji emisi kendaraan tersebut.

“Saya minta uji emisi terus dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan polusi dan pencemaran udara di DKI Jakarta dan sekitarnya ,” tegas Wapres saat dimintai tanggapannya oleh awak media di Pondok Pesantren KHAS Kempek Jl. Tunggal Pegagan, Pegagan, Desa Blok, Kempek, Kec. Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar) dikutip laman wapresri.go.id Sabtu (26/8).

Baca juga : Kunjungi Maros, Menko PMK Minta Program Bapak Asuh Stunting Digencarkan

Lebih jauh, Wapres menuturkan, bahwa kendaraan yang sudah melakukan uji emisi, yaitu sebesar 5%. Oleh sebab itu, Wapres menekankan kembali agar uji emisi kendaraan dapat terus digencarkan.

“Sekarang ini baru 5%, tentu belum berdampak,” kata Wapres mengingatkan.

Baca juga : Polusi Udara Makin Parah, Pasien ISPA Bertambah

Dengan banyaknya jumlah kendaraan dan transportasi umum yang beroperasi di wilayah DKI Jakarta, menurut Wapres diperlukan upaya penyesuaian dan solusi yang tepat untuk mengurangi sumber polusi tersebut.

“Yang harus kita hilangkan itu sumber-sumber polusi, yang pasti itu kan kendaraan bermotor, transportasi, nah itu kan sekarang uji emisi [solusi mengurangi sumbet polusi tersebut],” sebut Wapres.

Baca juga : Tekan Polusi Udara, Kemenperin Bentuk Tim Inspeksi Industri

Di sisi lain, Wapres menekankan, pentingnya menambah ruang terbuka hijau bagi masyarakat, serta pemberlakuan work from home (WFH) bagi para pekerja di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

“Tambahannya itu membuka ruang terbuka hijau, taman-taman, kemudian WFH ya. Tapi yang pokok itu transportasi dan industri. Itu harus cepat diatasi,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.