Dark/Light Mode

Hijaukan Jakarta, Pj. Gubernur Heru Tanam Pohon Di Pinggir Kali Mookervaart

Minggu, 27 Agustus 2023 18:38 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menghijaukan area di pinggiran kali di sejumlah wilayah Jakarta. Dalam kesempatan ini, Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanam pohon di kawasan Kali Mookervaart, tepatnya di Jalur Hijau Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu (27/8). (Foto: Ist) 
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menghijaukan area di pinggiran kali di sejumlah wilayah Jakarta. Dalam kesempatan ini, Penjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanam pohon di kawasan Kali Mookervaart, tepatnya di Jalur Hijau Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu (27/8). (Foto: Ist) 

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menghijaukan area di pinggiran kali di sejumlah wilayah Jakarta. Dalam kesempatan ini, Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menanam pohon di kawasan Kali Mookervaart, tepatnya di Jalur Hijau Jl. Daan Mogot, Jakarta Barat, Minggu (27/8). 

Penanaman ini dilakukan oleh jajaran Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Polri dan TNI. Pj. Gubernur Heru menuturkan, kali ini sebanyak 1.050 pohon ditanam di area sepanjang empat kilometer itu. 

Baca juga : Pj. Gubernur Heru Ajak Pasukan Pelangi Jajal LRT Jabodebek

"Hari ini kita menanam 100 sekian dan akan terus berlanjut sepanjang empat kilometer. Ini mirip seperti penanaman pohon di kolong Tol Becakayu," ujarnya didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Barat Uus Kuswanto.

Pj. Gubernur Heru juga meminta jajaran Wali Kota melalui Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk mencari lokasi menanam pohon agar penghijauan dapat terus dilakukan di seluruh Jakarta.

Baca juga : Tangani Polusi Jakarta, Pemerintah Harus Fokus Pulihkan Hutan Dan Kawasan Hijau

"Saya minta Pak Wali Kota melalui Sudin SDA dan Sudin Pertamanan, cari lokasi-lokasi di sepanjang bantaran kali dan waduk yang bisa ditanam, dihijaukan. Kita lakukan terus-menerus," jelasnya.

Ia juga menuturkan, jenis pohon yang ditanam di setiap wilayah berbeda-beda. Pemilihan jenis pohon disesuaikan dengan kondisi alam Jakarta, seperti Tabebuya, Pulai, Kayu Putih, Spathodea, dan Ketapang Kencana.

Baca juga : Manjakan Traveler, AP II Perkuat Layanan Dan Digitalisasi Bandara Soetta

Pada kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Heru menanam pohon Pulai. Sebanyak 130 pohon ditanam di Jalur Hijau Daan Mogot pada Minggu (27/8), terdiri dari Kayu Putih sebanyak 50 pohon, Buttercup 20 pohon, Flamboyan 20 pohon, dan Pulai 40 pohon.

Sementara itu, sebanyak 872 pohon sudah ditanam di Jalur Hijau Jl. Daan Mogot sejak bulan Januari 2023 sampai dengan saat ini, dengan rincian Tabebuya Kuning sebanyak 419 pohon, Spathodea 274 pohon, Pulai 50 pohon, Kayu Putih 50 pohon, Liang Liu 49 pohon, dan Bungur 30 pohon.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.