Dark/Light Mode

Selain Bakal Ditilang

Kendaraan Tak Uji Emisi Kudu Bayar Parkir Mahal

Jumat, 8 September 2023 07:30 WIB
Juru Bicara Satgas Pengenda­lian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Antara)
Juru Bicara Satgas Pengenda­lian Pencemaran Udara Pemprov DKI Jakarta Ani Ruspitawati. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Ani yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI menga­jak seluruh masyarakat untuk melakukan uji emisi kendaraan bermotor pribadinya. Lokasi uji emisi dapat diakses melalui aplikasi JAKI atau website https://ujiemisi.jakarta.go.id.

“Ini adalah upaya kita bersama untuk menjadikan langit Jakarta kembali biru, cerah, dan udara yang sehat,” ucapnya.

Baca juga : Lestari: Kebijakan Kendaraan Listrik Kudu Dikaji Serius

Untuk diketahui, saat ini par­tisipasi atau kesadaran warga melakukan uji emisi baru 5 persen. Data Dinas Lingkungan Hidup mencatat jumlah ken­daraan bermotor di jalan DKI Jakarta lebih dari 21 juta. Dan sebanyak 17 juta di antaranya adalah kendaraan di luar mobil penumpang.

Untuk memfasilitasi pemilik kendaraan melakukan uji emisi, Pemprov DKI menggandeng Astra menggelar uji emisi gra­tis bagi kendaraan pelanggan. Kegiatan ini sudah dimulai sejak 4 September dan akan berlang­sung hingga 31 Desember 2023. Ani berharap, uji emisi gratis bagi pelanggan Astra ini dapat membantu mengu­rangi polusi udara.

Baca juga : ST12 Kolaborasi Bareng Hazama Di Lagu Harapan Tak Kunjung Usai

Dia juga mendorong perusa­haan atau pemangku kepentingan lain peduli dan turut ber­partisipasi dalam menurunkan polusi udara di Jakarta.

Chief of Corporate Affairs Astra Riza Deliansyah mengatakan, pihaknya siap mem­fasilitasi uji emisi gratis untuk kendaraan para pelanggan di sejumlah bengkel dealer Astra yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta.

Baca juga : KPK Jadwal Ulang Pemeriksaan Cak Imin Pekan Depan

“Ada 45 bengkel dealer Astra yang terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, tersebar di sejumlah titik, yang dapat melayani uji emisi kendaraan pelanggan Astra secara gratis dengan melakukan reservasi terlebih dahulu,” ujar Riza.

Lokasi uji emisi gratis tersebut, lanjut Riza, tersebar di bengkel Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, Astra UD Trucks, Astra Peugeot, BMW Astra, Lexus dan Astra Motor. Selain itu, terdapat tiga outlet Astra Otoservice dan dua outlet Shop & Drive yang siap me­layani pelanggannya untuk uji emisi kendaraan secara gratis. Informasi lokasi lebih lanjut da­pat diakses melalui https://bit.ly/DaftarUjiEmisiGratisAstra.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.