Dark/Light Mode

Polusi Udara Di Jakarta Pagi Ini Menurun, Serang Dan Tangsel Masih Merah

Senin, 4 September 2023 08:03 WIB
Ilustrasi. Polusi udara di Jakarta hari ini, Senin (4/9) membaik dibandingkan hari sebelumnya. (Foto: RM.ID/ M Ade Al Kautsar)
Ilustrasi. Polusi udara di Jakarta hari ini, Senin (4/9) membaik dibandingkan hari sebelumnya. (Foto: RM.ID/ M Ade Al Kautsar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Situs pemantau udara IQAir.com mencatat adanya penurunan polusi udara di Jakarta pagi ini, dibandingkan hari sebelumnya.

Dari kategori zona merah atau tidak sehat ke zona kuning yang artinya tidak sehat untuk kelompok sensitif.

Skor indeks kualitas udara di Jakarta pagi ini berada di angka 114. Konsentrasi polutan PM2,5 mencapai 41 µg/m3. 

Baca juga : CFD Ditiadakan! Udara Jakarta Pagi Ini Tidak Sehat, Karawang Dan Sampit Ngeri

Kandungan polutan PM2,5 sebanyak itu sama dengan 8,2 kali lebih tinggi dari pedoman kualitas udara tahunan yang dirilis Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Dengan kandungan polutan PM2,5 setinggi itu, posisi Jakarta turun ke peringkat 10 kota dengan tingkat polusi tertinggi di dunia.

Posisi Jakarta berada di bawah Beijing, China yang terpaut 2 poin lebih tinggi dalam skor US AQI. Data terakhir ini diperbaharui di situs IQAir pukul 7 pagi WIB tadi.

Baca juga : Indonesia Vs Turkmenistan, Ini 4 Pemain Veteran Yang Masih Jadi Andalan

Meskipun kualitas udara di Jakarta membaik, wilayah lain di Jabodetabek masih mengkhawatirkan.

Diantaranya adalah Serang, Banten. Indeks kualitas udara di daerah tetangga Jakarta ini mencapai 181, dalam kategori merah atau tidak sehat.

Konsetrasi polutan PM2,5 mencapai 114,5 µg/m3. Sementara konsetrasi PM10 39,8 µg/m3.

Baca juga : Buntut Polusi Udara, Presiden Pake Masker Lagi

Sementara indeks kualitas udara di Tangerang Selatan, Banten mencapai 166. Di bawah Mempawah, Kalimantan Barat dengan skor polusi udara 175.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.