Dark/Light Mode

Transjakarta Diguyur Subsidi Tambahan Rp 630 M

Perbaiki Dan Tingkatkan Layanan Penumpang!

Senin, 18 September 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi B Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga. (Foto: Ist)
Anggota Komisi B Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta, Pandapotan Sinaga. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Untuk menunjang penerapan Account Base Ticket atau tiket berbasis akun, Transjakarta bakal mengganti seluruh mesin Tap on Bus (ToB) non-bus rapid tran­sit (Non-BRT) dan mesin Tap on Mikrotrans (ToM).

Direktur Utama Transjakarta Welfizon Yuza menjelaskan, pembaruan mesin tap di dalam bus atau Mikrotrans akan dilaku­kan secara bertahap.

“Untuk mesin tap yang berada di dalam gate halte Transjakarta kini sudah bisa mengakses fitur ABT,” kata Welfizon, Jumat (15/9).

Baca juga : Tinjau Rumah Dinas Brimob Kalbar, Kapolri: Tingkatkan Semangat Kerja

Kepala Dishub DKI Syafrin Li­puto memastikan anggaran peng­gantian mesin tap tidak menggu­nakan APBD DKI Jakarta.

“Transjakarta yang akan melakukan penggantian,” ujarnya.

Selain Transjakarta, ABT melalui aplikasi JakLingko juga diterapkan pada mass rapid transit (MRT) dan light rail transit (LRT). Sistem tiket ber­basis akun itu sedang diuji coba. Menurut Syafrin, fitur ABT ber­jalan baik meski ada sejumlah kendala minor.

Baca juga : Jaga Inflasi, Jokowi Minta Pemda Tingkatkan Cadangan Pangan

Syafrin menyebut, penerapan ABT ini untuk efisiensi PSO di 3 mode transportasi milik Pemprov DKI Jakarta. Dengan data ABT, pihaknya bisa mengestimasi kebutuhan first dan last mile pelaku per­jalanan yang nantinya disiapkan Pemerintah.

Cara kerja fitur ABT melalui aplikasi Jaklingko ini, jelas Syafrin, penumpang 3 mode transportasi hanya perlu men­scan barcode yang tertera dalam aplikasi JakLingko ke mesin gate atau mesin Tap On Bus atau Tap On Mikrobus. Sistem kemudian akan mendeteksi perjalanan penumpang. Jika dia berpindah-pindah lebih dari satu mode transportasi, maka akan diberlakukan tarif integrasi transportasi maksimal Rp 10 ribu.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin 18/9/2023 dengan judul Transjakarta Diguyur Subsidi Tambahan Rp 630 M, Perbaiki & Tingkatkan Layanan Penumpang!

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.