Dark/Light Mode

Perbaikan Turap Waduk Molor

Warga Rawa Bambon Waswas Kebanjiran

Senin, 2 Oktober 2023 07:30 WIB
Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif. (Foto: Ist)
Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Proyek perbaikan turap Waduk Rawa Bambon, Ciracas, Jakarta Timur, mestinya beres pada 19 Agustus 2023. Namun, hingga akhir September, pekerjaan belum selesai. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengultimatum perbaikan harus kelar dalam sebulan.

Ultimatum tersebut dilontar­kan Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif saat melaku­kan pengecekan perbaikan turap yang berlokasi di Rukun Tetangga (RT) 10/Rukun Warga (RW) 04, Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur.

Perbaikan turap perlu segera dirampungkan sebelum musim hujan tiba.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Sumut Ajak Warga Asahan Jaga Kesehatan Dengan Berwudhu

“Saya lakukan pengecekan, melihat langsung agar menge­tahui progresnya. Saya minta bisa diselesaikan, paling lambat 1 November mendatang,” pinta Syarif, Sabtu (30/9).

Syarif mengakui, perbaikan turap sepanjang 68 meter dengan ketinggian 3,5 meter ini sempat terkendala, karena ada warga yang mengaku memiliki lahan area trase kering waduk.

Namun, menurut dia, klaim kepemilikan trase kering ini persoalan lain yang bisa disele­saikan.

Baca juga : Garuda Muda Menang Telak Atas Armenia

“Karena sebetulnya eksisting­nya sudah ada. Tapi, untuk per­baikan turap ini sangat penting untuk mencegah tanggul jebol dan terjadinya banjir. Saya minta pihak kontraktor bisa kembali bekerja menyelesaikan perbai­kan,” pintanya.

Molornya proyek ini, lanjut Syarif, membuat ribuan warga setempat waswas karena jika memasuki musim hujan, air waduk sering meluap ke per­mukiman.

Menurutnya, pengerukan per­lu dilakukan agar daya tampung waduk semakin bertambah. Pintu air juga perlu penyesuaian atau direvitalisasi agar maksimal mencegah banjir di kawasan Kelurahan Ceger, Ciracas dan Bambu Apus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.