Dark/Light Mode

Dinkes Temukan Dua Kasus Di Ibu Kota

Waspada, Cacar Monyet Menular Lewat Droplet

Kamis, 19 Oktober 2023 07:30 WIB
Ilustrasi. (Reuters)
Ilustrasi. (Reuters)

 Sebelumnya 
Dwi mengingatkan penting­nya untuk menjaga kapasitas tenaga kesehatan dalam rangka menemukan kasus penyakit Ke­jadian Luar Biasa (KLB) baru, utamanya cacar monyet.

“Para dokter yang pertama kali menemukan pasien harus memiliki pengetahuan agar senantiasa waspada,” ujarnya.

Selain itu, menurut dia, perlu ada sosialisasi mengenai cara berkoordinasi dan berkomu­nikasi antar nakes agar kasus yang merupakan potensi, bisa ditindaklanjuti dengan benar dan cepat demi memutus rantai penularan di masyarakat.

Baca juga : 11 Perusahaan Di Ibu Kota Kena Semprit Karena Mencemari Udara Jakarta

Dari sisi fasilitas, dia meng­ingatkan untuk menyiapkan dukungan logistik dan menjaga kapasitas laboratorium. Mulai dari kemampuan pengambilan spesimen sampai distribusi spesimen atau sampel ke laboratorium terpilih.

Kemudian menjaga laboratorium pemeriksa agar bisa melakukan pemeriksaan dengan cepat dan akurat.

“Kami harapkan kita semua bisa saling memperkuat koor­dinasi dan sama-sama menjaga Jakarta agar selalu dalam kondisi yang baik,” tegasnya.

Baca juga : Asah Kemampuan Anak Muda, Ganjar Milenial Menggelar Pelatihan Membatik 

Kepala Seksi Surveilans Epi­demiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama menuturkan, kasus kedua cacar monyet ditemukan positif pada Jumat, 13 Oktober 2023 setelah melakukan pemeriksaan gejala di Puskesmas sebelumnya pada 12 Oktober 2023.

Ngabila bilang, pasien yang berdomisili di Jakarta itu tidak memiliki perjalanan ke luar negeri atau ke luar kota.

“Monkeypox penularannya melalui droplet berupa dahak, bersin, liur yang mengkontami­nasi lingkungan atau tangan, kontak kulit, kontak luka, cairan tubuh dan kontak seksual,” kata Ngabila dalam keterangannya, Selasa (17/10).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.