Dark/Light Mode

Tambah Jalur Sepeda 13,11 Kilometer

DKI Ganti Stick Cone Dengan Mata Kucing

Minggu, 12 November 2023 07:30 WIB
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: Antara)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Berikut adalah lokasi jalan yang akan dilakukan pemasang­an solar cell yaitu, Jalan Tentara Pelajar, Jalan Kramat Raya, Ja­lan HOS Cokroaminoto, Jalan Ahmad Yani, Jalan DI Panjaitan, Jalan Penjernihan, Jalan Sa­lemba Raya, Jalan Perintis Ke­merdekaan, Jalan RP Soeroso, Jalan Dr Soetomo, Jalan Tugu Tani, Jalan Teuku Cik Ditiro dan Jalan Prajurit KKO Usman.

Selanjutnya, optimalisasi jalur sepeda yang telah dibangun juga terus dilakukan pemeliharaan secara bertahap hingga tahun 2026. Adapun rinciannya yaitu 19 ruas jalan pada 2024, 43 ruas jalan pada 2025, 34 ruas jalan pada 2026, serta melakukan upaya untuk meningkatkan moda share pesepeda.

“Ini dapat terwujud melalui dukungan dari berbagai pihak untuk menjadikan fasilitas yang sudah ada dapat terpelihara dengan baik. Dengan demikian, fungsi jalur sepeda yang sudah ada dapat termanfaatkan dengan optimal,” tandas Syafrin.

Baca juga : Apa Itu Sindrom Peter Pan? Kenali Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Ketua Komisi B Dewan Per­wakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta Ismail tidak mem­persoalkan pencabutan stick cone jalur sepeda. Karena, pen­cabutan stick cone tersebut merespons keluhan pengguna jalan. Karena banyak stick cone yang rusak akibat terserempet dan tertabrak pengendara ber­motor.

“Sebagian pengguna jalan (merasa) sempit dan terbatas ruang geraknya. Nanti diganti dengan mata kucing itu, saya pikir itu salah satu bagian dari kombinasi,” kata Ismail.

Namun begitu, dia mengaku, pihaknya belum mengantongi evaluasi jalur sepeda.

Baca juga : Dana Desa Sudah Bangun 311.656 Kilometer Jalan Desa

Ismail bilang, jalur sepeda yang dibangun Pemprov DKI Jakarta sudah melampaui target RPJMD Perubahan 2017-2022. Karena itu, tahun 2023 ini tidak ada program pembuatan jalur sepeda.

Ke depan, Ismail minta Dishub DKI Jakarta agar melibatkan berbagai stakeholder, termasuk komunitas untuk optimalisasi penggunaan jalur sepeda.

“Lakukan kampanye besar penggunaan sepeda sebagai salah satu alternatif transpor­tasi dengan memanfaatkan jalur sepeda yang sudah disediakan,” pintanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.