Dark/Light Mode

Dana Desa Sudah Bangun 311.656 Kilometer Jalan Desa

Kamis, 25 Mei 2023 11:09 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, dana desa yang digelontorkan pemerintah berhasil meningkatkan ekonomi dan mengangkat derajat masyarakat.

Hal itu sesuai dengan fakta di lapangan. Jalan desa yang sepanjang 2015-2022 didanai dengan dana desa berhasil meningkatkan ekonomi rakyat sekaligus memeratakan ekonomi, terutama bagi golongan menengah ke bawah.

Ini ditunjukkan peningkatan proporsi pengeluaran 40 persen golongan terbawah di desa naik 0,64 persen dan 40 persen golongan menengah naik 1,44 persen. Sebaliknya, 20 persen golongan teratas turun 2,08 persen.

"Dana desa berasal dari APBN, yang secara khusus ditransfer langsung dari rekening kas negara ke rekening kas desa. Negara kemudian membuka ruang partisipasi rakyat desa agar secara mandiri menentukan penggunaan dana desa, sehingga jenis pengeluaran itu tepat sesuai kebutuhan rakyat desa," kata pria yang biasa disapa Gus Halim ini, seperti keterangan yang diterima RM.id, Kamis (25/5).

Gus Halim melaporkan, pada 2015 rakyat desa memutuskan membangun 30.787 km jalan desa.

Baca juga : Ganjar: Desa Jadi Indikator Penting Mengukur Kemajuan Daerah

Kemudian pada 2016 membangun 60.762 km, lalu tahun 2017 membangun 61.793 km, pada tahun 2018 membangun 38.259 km, dan tahun 2019 membangun 40.109 km.

Bahkan, pada masa pandemi Covid-19, desa tetap memutuskan membangun 30.168 km pada 2020, dan 46.612 km pada 2021. Sedangkan, pada 2022 dibangun 3.166 km jalan desa.

“Secara keseluruhan, terbangun 311.656 km jalan desa yang didanai dengan dana desa,” ungkapnya.

Politisi PKB ini mengungkapkan, manfaat jalan desa ini telah dikaji perguruan tinggi dari 33 provinsi, dan disimpulkan membantu warga desa untuk bekerja ke desa tetangga atau ke kota.

Juga, menurunkan biaya angkut komoditas pertanian, memperlancar warga desa yang hendak berobat, serta mempermudah anak-anak bersekolah.

Baca juga : Sarinah Bagikan 150 Kilogram Beras Ke Anak Yatim

"Buku-buku hasil kajian ini tersedia secara daring di Google Playbook, juga di situs https://kemendesa.go.id. Pembangunan jalan desa mengejawantahkan SDGs Desa Tujuan ke 9: Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan,” terangnya.

Ia menjelaskan, Sustainable Development Goals (SDGs) Desa adalah arah kebijakan pembangunan desa sampai 2030. SDGs dari tingkat global telah diturunkan pada tingkat nasional dalam Perpres 59/2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Selanjutnya, Permendesa PDTT 21/2020 menyebutkan SDGs Desa menurunkan tujuan, sasaran, indikator pencapaian, hingga ikon, sampai pada tingkat desa.

Secara lengkap, ada 18 tujuan yang harus dicapai SDGs Desa. Yaitu, desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, dan desa layak air bersih dan sanitasi.

Selanjutnya, desa berenergi bersih dan terbarukan, pertumbuhan ekonomi desa merata, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan permukiman desa aman dan nyaman, serta konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan.

Baca juga : BNPP Kawal Dana Rp 8,6 Triliun Bangun Kawasan Perbatasan

Berikutnya, desa tanggap perubahan iklim, desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, serta kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

SDGs Desa telah disampaikan dalam pertemuan tahunan pembangunan berkelanjutan yang digelar 27-31 Maret 2023, di Bangkok, Thailand. Dalam pertemuan itu disepakati, pendekatan pelokalan SDGs untuk desa-desa di ASEAN.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.